Tim Ini Suap Pemain Lawan Rp 7,6 Milyar Agar Lolos Degradasi

24

Liga Sepakbola Profesional Spanyol (LFP) sedang menyelidiki sebuah laga dari musim 2013-2014 yang diduga melibatkan uang sejumlah Rp 7,6 Milyar. Laga itu berlangsung aneh. Sebuah gol jarak jauh terjadi di menit ke-10 dan setelahnya seperti tidak ada usaha sungguh-sungguh untuk bermain sepakbola. Penyelidikan LFP atas laga Málaga-Elche dari musim lalu itu akan diakhiri dengan sebuah putusan […]

Liga Spanyol  - Tim Ini Suap Pemain Lawan Rp 7,6 Milyar Agar Lolos Degradasi
Liga Sepakbola Profesional Spanyol (LFP) sedang menyelidiki sebuah laga dari musim 2013-2014 yang diduga melibatkan uang sejumlah Rp 7,6 Milyar.

Laga itu berlangsung aneh. Sebuah gol jarak jauh terjadi di menit ke-10 dan setelahnya seperti tidak ada usaha sungguh-sungguh untuk bermain sepakbola.

Penyelidikan LFP atas laga Málaga-Elche dari musim lalu itu akan diakhiri dengan sebuah putusan yang diharapkan akan muncul minggu depan.

Pertandingan Málaga-Elche itu berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk tim tamu dengan Garry Rodrigues mencetak gol dari jarak jauh setelah 10 menit pertandingan berjalan. Hampir tidak terjadi apa-apa sepanjang pertandingan dan Elche akhirnya menutup permainan dengan mudah.

Kemenangan itu membuat Elche lolos dari degradasi. Di akhir musim Elche mencatatkan 40 poin dan urutan 16. Sedangkan Malaga 45 poin di urutan 11.

Sebelum pertandingan dimulai Malaga pada dasarnya sudah aman dari degradasi dengan 41 poin. Sementara kemenangan Elche membawa mereka ke 39 poin dengan dua pertandingan tersisa.

Yang terkena degradasi ke divisi berikutnya adalah Osasuna, Valladolid dan Betis yang finish di urutan 18, 19 dan 20.

Kecurigaan terjadi karena ada uang setara Rp 7,6 Milyar milik klub yang berkurang dari sebuah rekening bank yang berbasis di kota Elche. Namun tidak ada penjelasan mencukupi soal uang itu pergi ke mana.

AS mencatat, Pelatih Malaga Bernd Schuster dalam jumpa pers usai pertandingan mengeluhkan para pemainnya terlihat santai sepanjang laga.

Presiden Elche José Sepulcre telah menyatakan ketidakpercayaannya, keterkejutan dan ketidakberdayaan menjelang investigasi yang akan melihat sebuah perusahaan audit meneliti rekening klub dengan cermat.

Petunjuk lain yang memunculkan dugaan suap atas laga Elche itu adalah pesan yang diterima oleh pemain Málaga tertentu yang secara halus mengarah pada suatu kemungkinan tipu muslihat.

Meskipun LFP telah tidak membenarkan atau membantah apapun, koran Marca telah menemukan bahwa penyelidikan mencapai kesimpulan. Sebuah putusan akhir tentang apa tindakan hukum akan diambil diharapkan minggu depan.

Sementara itu, otoritas pajak Spanyol juga sudah  membuat kemajuan dalam penyelidikan mereka terhadap pertandingan Levante-Zaragoza musim 2010-11. Kunci untuk penyelidikan itu terletak pada transfer bank secara simultan dan penarikan tunai massal yang dibuat oleh para pemain Zaragoza.