Tirulah Strategi Real Madrid Dalam Merekrut Pemain Baru

Klub-klub dunia yang hendak menirukan kesuksesan Real Madrid boleh menjiplak strategi mereka dalam merekrut pemain baru. Begini caranya.

Toni Kroos - Ronaldo - Sergio Ramos - James
Toni Kroos - Ronaldo - Sergio Ramos - James

Liga Spanyol – Para pemain yang ditransfer masuk oleh┬áReal Madrid 10 tahun lalu, mereka hampir selalu berada dalam usia puncaknya.

Ketika Florentino Perez kembali ke Estadio Santiago Bernabeu pada tahun 2009, ia memutuskan untuk menandatangani pemain yang masih memiliki tahun-tahun terbaik untuk dijalani di depannya.

Rata-rata usia pemain yang dibelinya turun menjadi 23 tahun – tiga tahun lebih rendah dari pada masa jabatan sebelumnya.

Penandatanganan sejumlah nama besar dari musim kedua masa jabatan Florentino Perez ini adalah Cristiano Ronaldo – 24 tahun saat ditandatangani – Kaka (27), Gareth Bale (24), James Rodriguez (23) dan Toni Kroos (24).

Dengan hanya si pemain Brasil (Kaka) yang melebihi seperempat abad, pergeseran fokus terlihat dari era ‘Galactico’ yang pertama, ketika Zinedine Zidane (29 tahun), Luis Figo (27), David Beckham (28) dan Ronaldo Nazario da Lima (25) direkrut pertama kalinya.

Generasi Galacticos pertama itu hanya menghasilkan satu kesuksesan di Liga Champions, sementara tim bertabur bintang saat ini sudah memiliki tiga trofi Liga Champions.

Selain itu, dengan usia hanya 23 tahun, para pemain bisa dibeli dengan biaya yang wajar dan dijual kembali pada jumlah yang cukup besar. Mesut Ozil, Angel Di Maria dan Isco tiba saat mereka belum menjadi bintang dan menyelesaikan pembangunan mereka di Santiago Bernabeu sebelum dua yang pertama itu dijual dengan harga sangat mahal.

Tidak hanya membeli pemain berusia lebih muda, tapi Madrid juga mengalihkan perhatian mereka untuk memadukan lebih banyak pemain muda lulusan akademi mereka sendiri.

Kebijakan untuk lebih percaya pada para pemain muda.

Setelah La Decima dimenangkan, tidak ada tekanan segera untuk memenangkan Liga Champions berikutnya sesegera mungkin, jadi Real bisa menaruh kepercayaan mereka pada bakat-bakat muda.

Penandatanganan Marco Asensio adalah contoh sempurna. Setelah bergabung dengan Los Blancos pada usia 19 tahun, dia tampil sebagai bintang di tahun-tahun mendatang setelah menandatangani kontrak kepindahan dari Real Mallorca dan menikmati satu tahun pinjaman di Espanyol.

Vinicius Junior adalah pemain lain yang kedatangannya sudah dipastikan, sementara Theo Hernandez selanjutnya akan dipercaya menjadi anggota tim pertama pada usia 19 tahun.

Semua ini belum mempertimbangkan akademi mereka sendiri, di mana Dani Carvajal akan memberikan bukti bahwa perekrutan calon pemain kunci dari akademi sendiri ternyata mungkin terjadi.

Dengan kebijakan seperti ini, Real Madrid menikmati buah manisnya saat ini.

Sepakbola.cc