Top Skorer La Liga, Rekor Messi Tak Diakui?

  • Hat-trick yang dibuat Lionel Messi ke gawang Sevilla dalam laga La Liga, Sabtu (22/11), mengantarkan pemain terbaik dunia itu menjadi top skorer sepanjang masa Liga Spanyol. Tapi, ada pihak yang tak mengakui rekornya itu. Kenapa?

Hat-trick yang dibuat Lionel Messi ke gawang Sevilla dalam laga La Liga, Sabtu (22/11), mengantarkan pemain terbaik dunia itu menjadi top skorer sepanjang masa Liga Spanyol. Tapi, ada pihak yang tak mengakui rekornya itu. Kenapa?

Dengan tambahan tiga gol dari pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Barca 5-1 atas Sevilla di Camp Nou itu, Messi membukukan total 253 gol di ajang La Liga. Dia mematahkan rekor lama yang dipegang mantan bintang Athletic Bilbao, Telmo Zarra dengan 251 gol yang dibuat pada tahun 1955.

Rekor Messi itu ternyata tidak diakui oleh keluarga Zarra. Anak Zarra, Carmen Zarra mengklaim Messi tidak mematahkan rekor ayahnya yang sudah betahan 59 tahun tersebut.

Alasannya. Messi melewati jumlah gol Zarra dalam 280 pertandingan. Sedangkan Zarra mengoleksi golnya itu dalam 267 pertandingan. Messi baru dikatakan memecahkan rekor, katanya, jika jumlah pertandingannya adalah 267 atau kurang.

“Messi mencetak gol lebih tetapi tidak mengalahkan rekornya (Telmo). Rekornya akan patah saat seseorang mencetak 251 gol dalam 267 pertandingan. Namun, Messi memerlukan 280 pertandingan,” kata Carmen.

“Messi akan melampuinya karena dia adalah pemain luar biasa. Namun, dia telah bermain lebih dari 12 pertandingan daripada ayahku. Dia mencetak banyak gol tetapi saya pikir media salah saat menyatakan dia mengalahkan rekor ayah saya,” lanjutnya.