Xabi Alonso Nyatakan Pensiun dari Timnas Spanyol

11

  Xabi Alonso menyatakan pensiun dari timnas Spanyol. Ia untuk selanjutnya tidak akan terlibat lagi dalam pertandingan internasional setelah menjalani 114 caps untuk La Furia Roja dan mencetak 16 gol. Gelandang handal berusia 32 tahun tersebut sendiri sejatinya adalah instrumen penting Spanyol dalam memenangi tiga beruntun Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Dengan […]

Liga Spanyol  - Xabi Alonso Nyatakan Pensiun dari Timnas Spanyol

 

Xabi Alonso menyatakan pensiun dari timnas Spanyol. Ia untuk selanjutnya tidak akan terlibat lagi dalam pertandingan internasional setelah menjalani 114 caps untuk La Furia Roja dan mencetak 16 gol.

Gelandang handal berusia 32 tahun tersebut sendiri sejatinya adalah instrumen penting Spanyol dalam memenangi tiga beruntun Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

Dengan mantapnya keputusan mundur dari timnas Spanyol, Xabi Alonso menjadikan laga melawan Australia di Piala Dunia 2014 lalu sebagai laga pamungkasnya berkostum La Furia Roja.

“Hal terberat adalah tahu kapan waktunya mengucapkan selamat tinggal. Setelah memikirkan hal tersebut, saya sadar waktu untuk tim nasional sudah berakhir,” ujar gelandang yang pernah perkuat Real Sociedad tersebut.

Xabi Alonsi menjalani debut bersama Spanyol pada 30 April 2003 lalu di bawah komando pelatih Inaki Saez. Kini setelah sebelas tahun berkiprah, Xabi mengenang kariernya di timnas sebagai “momen-momen hebat; sehingga saya hanya memiliki ucapan terima kasih kepada siapa pun yang sudah berbagi dengan saya di tim nasional Spanyol lebih dalam satu dekade.”

Xabi Alonso tak lupa menyebutkan tiga tokoh penting dalam perjalanan kariernya di La Furia Roja. Yang pertama jelas Inaki Saez yang memberinya kesempatan debut. Ia juga mencantumkan nama almarhum Luis Aragones dan Vicente Del Bosque yang disebutnya sebagai, “orang-orang yang membuat saya tubuh secara personal dan profesional.”

Tidak hanya mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan semua pemain yang sudah bersamanya bahu-membahu membesarkan Spanyol, Xabi Alonso juga memberikan penghargaan besar kepada tiga tim yang membantunya menembus skuad La Roja: mulai dari Real Sociedad, Liverpool, dan Real Madrid.

Selanjutnya ia akan lebih berkonsentrasi pada Real Madrid. Di samping itu ia juga mengikuti jejak Xavi Hernandez, rekan satu angkatan yang menyatakan resmi mundur pasca Piala Dunia 2014.