Stroke Bisa Menyerang Segala Usia, Ketahui Gejalanya!

 

Stroke diketahui termasuk kedalam golongan penyakit yang sangat berbahaya. Stroke tak hanya menyerang orang lanjut usia (lansia) tapi juga dapat menyerang jiwa muda.

Stroke adalah gangguan yang menyerang fungsi otak sebagai pusat saraf tubuh manusia. Penyakit ini terjadi karena kurangnya aliran darah ke otak yang disebabkan oleh penyumbatan di pembuluh darah.

Kebanyakan para penderita stroke pada awalnya tidak menyadari saat mereka terserang penyakit ini. Berikut ini ada 5 gejala stroke, seperti dilansir dari healthmeup.

1. Sakit kepala berdenyut

Saat anda mengalami sakit kepala berdenyut secara tiba-tiba dan tanpa alasan, umumnya ini adalah sinyal stroke ringan.

2. Wajah yang terkulai
Kebanyakan orang yang terkena stroke mengalami gangguan saraf di seluruh tubuhnya termasuk wajah. Oleh karena apabila anda merasa tidak dapat menarik otot di tubuh anda bahkan untuk tersenyum, maka segera periksakan kesehatan anda.

 

3. Kesulitan berbicara
Gangguan saraf yang ada di wajah juga akan membuat pasien stroke kesulitan berbicara. Kebanyakan mereka akan berbicara dengan nada yang cadel

4. Kesemutan di lengan
Seorang pasien stroke akan mengalami mati rasa atau kesemutan di lengannya sehingga ia pun akan kesulitan untuk mengangkat lengannya.

5. Kehilangan keseimbangan
Kehilangan keseimbangan yang dialami oleh pasien stroke disebabkan oleh kelemahan mereka dalam menyeimbangkan dan mengkoordinasikan anggota tubuh mereka

Umumnya, penderita stroke akan kehilangan memori jangka pendek dan penurunan penglihatan. Untuk mencegah penyakit ini, hindari makanan berlemak, rokok, dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan stroke.

Advertisement