Totti Pilih Cristiano Ronaldo Raih Ballon d’Or, Ini Alasannya

Cristiano Ronaldo - Francesco Totti

Legenda sepakbola Italia dan AS Roma,¬†Francesco Totti, menjagokan bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo sebagai pemenang penghargaan bergengsi Ballon d’Or 2017. Totti mengaku terkesan dengan performa dan capaian CR7 sepanjang musim lalu.

Dalam daftar 30 pemain yang masuk nominasi peraih Ballon d’Or 2017 ini, nama finalis tahun 2016 lalu, yaitu Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Antoine Griezmann kembali masuk nominasi. Pemeng tahun lalu adalah Ronaldo, yang mengantarkannya meraih penghargaan itu empat kali.

Totti kali ini kembali menjagokan Ronaldo karena bintang asal Portugal itu telah melewati musim yang penuh sukses musim lalu, dengan membawa Real Madrid juara La Liga dan Liga Champions.

Selain itu, kata Totti, Ronaldo selalu mencetak gol-gol penting di pertandingan-pertandingan besar dan berat. Itu yang membuat Ronaldo, kata Totti, berada di depan Messi dan Neymar.

“Saya harus mengatakan bahwa kami selalu saling menghormati satu sama lain di dalam dan luar lapangan. Saya pikir, pada akhirnya, Ronaldo berada di depan nominasi lain, Lionel Messi dan Neymar,” ungkap Totti seperti dikutip Marca.

Advertisement

“Ronaldo memiliki musim yang menakjubkan, dan juga menyelesaikan semua golnya dalam pertandingan melawan tim yang paling bergengsi,” tambahnya.

Selain menjagokan Ronaldo, Totti juga menyanjung pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. Dia menyebut Zidane layak meraih penghargaan sebagai pelatih terbaik.

“Bukan hanya Ronaldo, Zidane juga layak dinobatkan jadi pelatih terbaik. Meski Antonio Conte dan Massimiliano Allegri menukangi klub mereka dengan baik, saya pikir Zidane tetap yang terbaik,” katanya.

Berikut adalah daftar 30 nominasi Ballon d’Or 2017: