Wasit di Laga Irlandia Utara vs Swiss Mengaku Salah Terkait Penalti

Wasit pemberi penalti pada Swiss di laga vs Irlandia Utara mengaku salah dalam putuskan hal tersebut.
Wasit pemberi penalti pada Swiss di laga vs Irlandia Utara mengaku salah dalam putuskan hal tersebut.

Gilabola.com – Wasit yang berikan keputusan kontroversial terkait penalti untuk Timnas Swiss, hingga Irlandia Utara gagal ke putaran final Piala Dunia 2018 mengaku telah lakukan ‘kesalahan’.

Wasit asal Romania, Ovidiu Hategan, menunjuk titik putih tak lama setelah Xherdan Shaqiri mengarahkan tembakannya ke pemain belakang Irlandia Utara, Corry Evans, dari jarak dekat, saat pertandingan leg pertama babak play-off di Windsor Park, November 2017.

Saat itu, eksekusi penalti Ricardo Rodriguez di menit 58 cukup membawa Swiss untuk melaju ke putaran final Piala Dunia musim panas mendatang. Gol itu menjadi satu-satunya gol di dua leg laga babaka play-offf tersebut. Kini, Hategan mengakui bahwa ia salah dalam mengambil keputusan terkait penalti tersebut.

“Saat itu, adalah saat yang menyedihkan dan tidak menyenangkan bagi saya. Sedih karena saya telah membuat kesalahan itu, menyakitkan karena dengan tim saya, kami tampil bagus,” ujar Hategan kepada media Romania.

“Dalam dunia kami, para wasit sama halnya dengan penjaga gawang – semua orang melihat kesalahannya. Saya sudah melakukannya, saya tetap berusaha kuat karena ada keluarga saya yang mendampingi saya,” tambahnya.

Penalti Rodriguez tersebut amankan kemenangan 1-0 Timnas Swiss dalam laga leg pertama yang digelar di Belfast. Lalu, di leg ke dua yang digelar di Basel, kedua tim bermain imbang 0-0, dan sukses mengirim Timnas Swiss ke putaran final nanti.

Keputusan Hategan itu sempat memicu kemarahan di Irlandia Utara, di mana Corry Evans kemudian menggambarkannya sebagai ‘keputusan tercela’. Protes dari Irlandia Utara itupun mendapat dukungan populer.

Kini, wasit Hategan tidak termasuk dalam daftar 36 wasit yang diumumkan FIFA untuk bertugas di putaran final Piala Dunia 2018. Namun, ia mengaku tidak akan menyerah untuk mendapat kepercayaan bisa bertugas di Rusia musim panas mendatang.

“Saya sangat menyesal saya tidak berada dalam daftar ke-36 wasit itu. Kita lihat saja nanti, apakah saya akan punya kesempatan untuk menjadi pengawas video,” ujar Hategan.

Sepakbola.cc
Insta88
RGO Casino
Uang Instan