West Ham United Bidik Bek Kanan Arsenal

Sebuah laporan di Perancis menyebutkan jika West Ham United tengah berusaha mendapatkan tanda tangan pemain Arsenal, Mathieu Debuchy.

Sebuah laporan di Perancis menyebutkan jika West Ham United tengah berusaha mendapatkan tanda tangan pemain Arsenal, Mathieu Debuchy.

Bek kanan berkebangsaan Perancis itu dipinjamkan ke Bourdeaux pada bursa transfer musim dingin awal tahun ini setelah kalah bersaing dengan Hector Bellerin di posisi yang sama.

Masa depan yang belum jelas membuat Debuchy harus siap jika manajemen The Gunners benar-benar ingin melepasnya ke klub lain menilik permainannya yang tidak kunjung membaik meski sudah dipinjamkan.

Adapun West Ham memang tengah membutuhkan tambahan di sektor kanan pertahanan. The Hammers sebenarnya masih memiliki Joey O’Brien, Sam Byram dan James Tomkins. Hanya saja, ketiga pemain tersebut memiliki permasalahan yang berbeda-beda. O’Brien nampaknya tidak akan dipertahankan di London Timur mengingat usianya yang makin uzur. Sementara Byram masih membutuhkan adaptasi usai didatangkan dari Leeds United Januari kemarin. Cedera juga menghambat perkembangannya, padahal ia didaulat untuk menjadi pemain kunci di posisi bek kanan.

Lain cerita dengan Tomkins. Pemain didikan akademi klub tersebut sejatinya merupakan bek tengah. Sedikitnya pilihan di pos kanan pertahanan memaksa manajer Slaven Bilic menempatkannya bukan di posisi asli. Yang membuat keadaan semakin parah, Tomkins sempat dilanda cedera yang membuatnya absen di beberapa pertandingan terakhir.

Pemain lainnya, Michael Antonio, yang adalah seorang penyerang sayap, alhasil lebih dipilih oleh Bilic karena stok bek kanan habis. Praktis hal ini membuat klub berlogo palu itu mau tidak mau mendatangkan pemain baru dengan kualitas kelas atas mengingat ada kemungkinan West Ham ikut berlaga di pentas Europa League.

Belum sempat mendatangkan satu pemain pun di posisi riskan ini, kabar kurang mengenakkan justru datang menghampiri West Ham usai Sunderland dan Crystal Palace dilaporkan tertarik merekrut Tomkins. Khusus bagi The Black Cats, julukan Sunderland, jika berhasil mendapatkan bek berusia 27 tahun itu maka dipastikan akan ada reuni diantara Tomkins dan manajer Sam Allardyce.

Pun demikian dengan Palace. Manajer Alan Pardew adalah mantan nahkoda West Ham beberapa tahun silam. Pardew pula yang mengorbitkan Tomkins sebelum akhirnya ia didepak dari Upton Park pada pertengahan musim 2005-2006.

Sepakbola.cc