Energi

 

Semakin banyak aktivitas yang dijalani, maka semakin banyak energi yang dibutuhkan. Tak sedikit orang mengonsumsi kafein agar mereka tetap fit.

Kenyataannya, kebanyakan mengonsumsi kafein sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Berikut ada delapan cara meningkatkan energi berikut ini yang sama sekali tak melibatkan kafein, seperti dilansir oleh Care2.

1. Makan

Makanan adalah bahan bakar penting ketika anda mengalami kekurangan energi. Namun tentunya anda harus memilih makanan yang tepat. Hindari makanan yang mengandung gula, karbohidrat olahan, atau junk food. Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat asli seperti gandum utuh.

2. Bergerak

Melompat-lompat di depan komputer mungkin akan membuat anda terlihat konyol. Namun cara ini ternyata ampuh untuk meningkatkan energi saat bekerja. Selain melompat-lompat, berjalan-jalan juga bisa membantu anda meningkatkan energi. Jika merasa butuh energi saat bekerja, cobalah untuk bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan sejenak.

3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik akan membuat otak bekerja lebih cepat dan meningkatkan detak jantung. Ini membuat energi mengalir lebih banyak dan cepat ke seluruh tubuh. Dengarkan lagu yang bertempo cepat, dan jika bisa, ikutlah bernyanyi dengan keras.

BACA JUGA  Jadwal Bola Malam Ini, Siaran Langsung TV Bola Hari Ini

4. Pijat

Ini tentunya salah satu cara menyenangkan untuk meningkatkan energi. Cobalah untuk memijat diri anda pada bagian telinga luar dari atas ke bawah selama 30 detik. Ini akan membantu anda untuk kembali waspada, fokus, dan berenergi untuk kembali bekerja.

5. Minum

Dehidrasi adalah salah satu penyebab umum seseorang mengalami kelelahan dan seolah kehilangan energi. Tubuh yang kekurangan cairan tak akan mampu menjalankan fungsi metabolisme. Hasilnya, anda akan merasa payah dan tak bertenaga. Satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah minum air dan memenuhi cairan tubuh.

6. Mengunyah

Permen karet tak hanya bisa membuat napas menjadi segar, namun juga bisa memberikan asupan energi. Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama 15 menit memiliki energi lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet juga meningkatkan fokus dan kewaspadaan karena meningkatkan aliran darah ke otak dan sistem saraf. Pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula agar tidak merusak gigi.

BACA JUGA  Jadwal Bola Malam Ini, Siaran Langsung TV Bola Hari Ini

7. Main Game

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang membuat otak bekerja bisa membuat otak semakin aktif dan waspada. Secara tak langsung ini juga bisa meningkatkan energi anda dalam berpikir. Cobalah untuk bermain game yang membuat otak berpikir seperti sudoku, puzzle, atau catur.

8. Lampu Terang

Coba ganti lampu anda dengan lampu yang lebih terang. Lampu yang terang memberikan sinyal ‘bangun’ pada otak. Ini membuat anda kembali fokus, waspada, dan kembali bertenaga untuk bekerja. Dengan lampu terang anda juga melindungi kesehatan mata, dibandingkan dengan bekerja menggunakan lampu yang remang-remang.

TINGGALKAN KOMENTAR