cesc fabregas dalam Dunia Fakta dan Data gol gol helder postiga portugal laga Liga Inggris Olf Mellberg olof mellberg pertama Premier League Sepak Bola theo walcott Inggris mengalahkan Swedia 3-2 dalam pertandingan kedua Grup D Piala Eropa 2012 di Kiev, Ukraina, Sabtu (16/6) dinihari WIB. Gol-gol Inggris dicetak Andy Carroll (23), Theo Walcott (64), dan Danny Welbeck (78). Gol-gol Swedia didapat dari gol bunuh diri bek Inggris, Glen Johnson (49), dan gol sundulan Olof Mellberg (59).

Kemenangan ini membawa Inggris bersama Perancis mengumpulkan nilai sama banyak empat di Grup D. Namun Perancis memimpin di puncak klasemen karena unggul selisih gol. Sedangkan peringkat ketiga ditempati tuan rumah Ukraina dengan tiga poin, sedangkan Swedia di posisi juru kunci tanpa mengantongi poin dan dipastikan tersingkir.

Berikut adalah fakta dan data menarik terkait pertandingan Inggris vs Swedia di Euro 2012:

BACA JUGA  Prediksi Manchester United vs Southampton, 26 Februari 2017

= Ini kali kedua Inggris menang setelah tertinggal dari lawannya. Yang pertama adalah saat menang atas Kroasia 4-2 pada 2004.

= Sebelum Euro 2012, Swedia tak pernah kalah dalam laga putaran final Piala Eropa di mana mereka lebih dulu membuat gol lebih dulu. Kini, sudah dua kali “Blagult” kalah setelah memimpin lebih dulu.

= Theo Walcott menjadi pemain pengganti Inggris pertama yang mencetak gol sepanjang sejarah Euro.

= Walcott menjadi pemain pengganti yang mencetak gol dan memberikan assist dalam pertandingan Euro. Yang terakhir adalah Roman Pvlyuchenko saat melawan Ceko pada pertandingan pembuka. Sebelumnya, ada Jan Vesely (Cekoslowakia), Dejan Grovedarica (Yugoslavia), David Trezeguet (Perancis), Helder Postiga (Portugal vs Inggris, Euro 2004), Cesc Fabregas (Spanyol), serta Arjen Robben dan Robin van Persie (Belanda).

BACA JUGA  Siapa Sih FC Rostov? Calon Lawan Manchester United Itu?

= Walcott juga pencetak gol pertama Inggris dari luar kotak penalti. Yang terakhir dikreasi David Beckham ke gawang Ekuador dalam kualifikasi Piala Dunia 2006.

= Olf Mellberg (34 tahun 286 hari) adalah pencetak gol tertua Swedia di ajang Euro.

= Mellberg menciptakan gol pertamanya dalam 20 partai Piala Eropa dan Piala Dunia. Hanya satu yang dapat mengungguli Mellberg, yaitu Carles Puyol, yang menceploskan gol internasional pertamanya ketika melakoni laga ke-21-nya pada putaran final Euro dan Piala Dunia.

= Glen Johnson adalah pencetak gol bunuh diri kedua Inggris dalam turnamen besar. Yang pertama diciptakan Jimmy Dickinson saat imbang 4-4 dengan Belgia pada Piala Dunia 1954.

TINGGALKAN KOMENTAR