Portsmouth melaju ke perempatfinal Piala FA, setelah menang tipis 1-0 atas Preston North End, Minggu 17/2 malam. Sedangkan Middlesbrough ditahan imbang 0-0 oleh tim divisi satu, Sheffield United, dalam pertandingan babak ke lima lainnya.

Dalam laga tersebut, The Pompey layak bersorak kegirangan. Meski pertandingan berjalan imbang 0-0 hingga menjelang pluit panjang berbunyi, gelandang Preston Darren Carter melakukan kesalahan dengan mencetak gol ke gawang sendiri, tepat di menit 90. Saat itu, Carter berusaha mengamankan tendangan pojok dari Niko Kranjcar, tetapi malah berbuah kemenangan untuk tim lawan.

Sialnya, klub gaek Preston yang berdiri di tahun 1888 itu, sebenarnya juga memiliki peluang bagus untuk menang. Tetapi, hadiah penalti yang diberikan wasit di menit ke-60, gagal dieksekusi Whalley.

BACA JUGA  Bintang Liverpool Jadi Pemain Terbaik Brasil di Eropa

Preston sendiri pernah dua kali memenangkan tropi Piala FA -terakhir kali di tahun 1938- dan pernah lima kali menjadi runner-up. Preston juga pernah mencapai babak ke lima kompetisi ini, di tahun 2000 silam. Sedangkan Portsmouth, terakhir kali mencapai perempatfinal pada tahun 1992. Pompey terakhir kali merebut Piala FA di tahun 1939.

Sheffield-Middlesbrough bertanding lagi
Dalam laga lainnya, Sheffield United cukup mendominasi jalannya pertandingan, dan lebih banyak menyerang.

Middlesbrough sendiri memiliki peluang bagus, saat Emanuel Pogatez melakukan sundulan keras tepat ke mulut gawang. Tetapi, tembakan yang terjadi di saat injury time ini masih bisa digagalkan kiper Sheffield.

Pertemuan kedua klub ini bakal diulang di kandang Middlesbrough, Stadion Riverside -pada tanggal yang akan diputuskan kemudian- untuk menentukan klub mana yang berhak melaju ke perempatfinal. Selain Portsmouth, klub lain yang dipastikan melaju ke perempatfinal kompetisi Piala FA adalah, Manchester United, Chelsea, Bristol Rovers, Barnsley, Cardiff dan West Bromwich Albion. (cha)

BACA JUGA  Henrikh Mkhitaryan Diragukan di Final Piala Liga