10 Kandidat Penerima Bola Emas, 4 Jerman, 3 Argentina

FIFA secara resmi telah mengumumkan nama-nama sepuluh pemain paling fenomenal selama Piala Dunia 2014 yang menjadi kandidat penerima hadiah Golden Ball (Bola Emas) dari Adidas.

Daftar disusun oleh anggota Kelompok Studi Teknis (TSG) FIFA, yang telah menggunakan mata ahli mereka untuk menganalisa setiap pertandingan yang digelar di Brasil 2014 sampai saat ini. Muncul sesuai urutan abjad, kesepuluh pesaing untuk penghargaan bergengsi itu adalah sebagai berikut:

Angel Di Maria (Argentina)
Dengan menyediakan bagi Lionel Messi dukungan terbaik yang bisa diberikannya, Di Maria telah memimpin serangan-serangan Albiceleste secara berbeda, secara konstan menjadi ancaman terhadap sisi pertahanan lawan dengan tembakan jarak jauh, gocekan meliuk-liuk dan keterampilan menyelesaikan gol, yang dipamerkannya di kemenangan vs Swiss dalam babak 16 Besar.

Mats Hummels (Jerman)
Bek Borussia Dortmund ini telah menarik banyak pujian untuk penampilannya yang solid di jantung pertahanan Jerman. Seolah-olah itu belum cukup, Hummels juga mengesankan di ujung lain lapangan, mencetak gol dengan kepalanya ke gawang Portugal di fase grup dan kembali membawa kepala yang bertuahnya melawan Perancis di perempat final.

Toni Kroos (Jerman)
Kroos menjadi bintang saat Die Mannschaft menyisihkan tuan rumah Brasil 7-1 di semi-final, mendominasi lini tengah dan menciptakan ancaman secara konstan dengan umpan-umpan dan tembakannya, yang memberinya dua gol – semua dalam satu laga saja bagi tim dengan kumpulan pemain paling konsisten sejauh ini.

Philipp Lahm (Jerman)
Kapten Jerman ini memulai turnamen di lini tengah sebelum secara mulus beralih ke posisi bek kanan, tanpa mengurangi tingkat kinerja atau pengaruh yang cukup besar di pasukan Joachim Loew.

Javier Mascherano (Argentina)
Meskipun yang banyak digembar-gemborkan di media adalah serangannya, Argentina juga solid dalam pertahanan, sebagian besar pujian harus ditujukan ke Mascherano untuk pekerjaan tanpa kenal lelah dalam memberikan perlindungan penting bagi garis belakang Albiceleste.

Lionel Messi (Argentina)
Messi tidak pernah mencetak gol di turnamen Piala Dunia sebelum Brasil 2014. Rekor itu diterabasnya dengan beberapa sentuhan akhir yang mematikan di masing-masing tiga laga penyisihan grup. Meskipun belum berhasil menjebol gawang lawan di babak sistem gugur sejauh ini, ia tetap seorang tokoh yang berpengaruh bagi timnya.

Thomas Mueller (Jerman)
Dengan mengawali kampanyenya dengan hat-trick melawan Portugal, Muller mengambil apa yang ia tinggalkan di Afrika Selatan 2010, di mana ia memperoleh hadiah Golden Boot. Penampilannya telah menggarisbawahi statusnya sebagai ujung tombak lini depan yang mematikan dari tim Jerman.

Neymar (Brazil)
Meskipun baru berusia 22 tahun, penyerang lincah ini cakap memanggul jawab besar memimpin A Selecao. Neymar tampil menonjol dengan empat gol sebelum cedera memilukan mengakhiri karir turnamennya di perempat final.

Arjen Robben (Belanda)
Pemain ini berada dalam performa yang tidak tertandingi setelah mematikan juara bertahan Spanyol di laga pembuka timnya. Kemampuannya menerobos secara tajam dari sisi dalam telah menjadi ciri dari turnamen.

James Rodriguez (Colombia)
Dikenal berbakat besar, Rodriguez sejak awal membuktikan kemampuannya untuk naik begitu ada kesempatan. Menciptakan enam gol dalam lima pertandingan adalah alasan utama mengapa Los Cafeteros bisa mencapai rekor baru mencapai babak delapan besar untuk pertama kalinya.

Para pemenang dari Golden Ball, Silver Ball dan Bronze Ball Adidas ini akan diumumkan seluruhnya segera setelah final hari Senin dinihari WIB.

Pemenang Golden Ball sebelumnya adalah:

1982 Spanyol: Paolo Rossi (Italia)
1986 Mexico: Diego Maradona (Argentina)
1990 Italia: Salvatore Schillaci (Italia)
1994 USA: Romario (Brasil)
1998 Prancis: Ronaldo (Brasil)
2002 Korea/Jepang: Oliver Kahn (Jerman)
2006 Jerman: Zinedine Zidane (Prancis)
2010 Afrika Selatan: Diego Forlan (Uruguay)

BACA JUGA  Hasil Hertha Berlin vs Eintracht Frankfurt, 25 Februari 2017

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR