Argentina Barcelona Israel Lionel Messi palestina

 

Dalam beberapa hari terakhir, striker Barcelona FC, Lionel Messi, mendapat kecaman dari banyak pihak di media sosial. Ia dikabarkan menyumbang satu juta euro hasil bonus membawa Argentina ke final Piala Dunia 2014 kepada Israel. Dituding bela Israel, Messi marah besar.

Ya, Lionel Messi akhirnya angkat bicara soal kabar yang menyebut dirinya menyumbang Rp20 Miliar ke Israel. Messi dengan tegas membantah kabar tersebut dan dengan geram akan menuntut media yang menyebarkan kabar bohong tersebut.

Messi bereaksi keras atas kabar itu dan menyatakan tak akan menyumbang untuk pembunuhan anak-anak tak berdosa.

“Israel membunuh anak-anak tidak berdosa. Saya tidak akan menyumbang untuk itu. Saya menggunakan uang saya untuk membangun sekolah-sekolah dan rumah sakit untuk warga miskin di Argentina,” sembur Messi sesuai rilis Morocco World News.

Sebelumnya, situs whatsupic.com, Sabtu (19/07/2014), memberitakan Messi telah menyumbang 1 juta euro atau sekitar Rp20 miliar untuk Israel. Situs itu memang tidak merinci kapan Messi menyumbang untuk Israel dan untuk tujuan apa. Belakangan sejumlah situs juga ikut-ikutan menyebar berita dari sumber yang sama.

BACA JUGA  Hasil Bola Tadi Malam Selengkapnya

Ironisnya, situs yang pertama kali mengunggah berita adalah situs parodi asal Aljazair yang lantas dikutip media Iran.

The National Interest Online dalam lansiran berjudul Iranian Press, Citing Algerian Parody Site, Claims Lionel Messi Donated €1m to Israelkhusus mengulas rumor ini. Situs ini menyebut klaim Messi telah menyumbang 1 juta euro tak berdasar. Pasalnya tidak ada konfirmasi apapun dari pihak terkait.

Whatsupic.com kemudian dianggap telah menutupi data yang sesungguhnya. Alih-alih memaparkan data soal sumbangan Messi ke Israel, situs ini malah membahas kedatangan Barcelona FC ke Israel.

Pada kenyataanya, Pada tahun 2013, Presiden Israel Shimon Peres, menjamu Barcelona di Israel. Peres bahkan ia memuji Messi dan tim sepak bola itu sebagai “utusan perdamaian” Israel.

“Saya menonton Anda sepanjang waktu,” kata Perdana Menteri Israel Benjami Netanyahu ketika itu.

BACA JUGA  Karir Karim Benzema Tergantung Pelatih Prancis

Kunjungan Lionel Messi cs. dilaporkan sejumlah media termasuk The Guardian, pada 3 Agustus 2013. Saat itu Barca sedang menjalani lawatan bertajuk World Peace Tour ke Israel dan Palestina.

Klub Catalan ini bahkan membuka klinik pelatihan untuk anak-anak di Palestina dan di Tepi Barat Israel. Sedangkan versi Lionel Messi, kabar ini pertama kali dimuat situs satir Le Competiteur.

Untuk lebih meyakinkan dimuat pula foto Messi sedang berada di Tembok Ratapan. Padahal foto tersebut diambil saat Messi mengunjungi Isreal dan Palestina bersama Barca tahun 2013. Banyak orang yang tertipu dengan pemberitaan Le Competiteur dan menyebarkan kabar Messi menyumbang Israel.

Bahkan banyak pengguna jejaring sosial yang mengunggah foto editan Messi memegang kaos yang berisi dukungan kepada Israel. Merasa nama baiknya dicemarkan Messi langsung mengeluarkan bantahan keras. Messi menegaskan tidak memberikan sumbangan kepada Israel. Messi semakin mantap berniat menggugat Le Competiteur karena telah mencemarkan nama baiknya.