david moyes kemerdekaan Liga Inggris Premier League referendum Sepak Bola sir alex ferguson Skotlandia

Dalam waktu 11 hari lagi, yakni tanggal 18 September 2014, akan diadakan referendum kemerdekaan Skotlandia. Di referendum itu penduduk wilayah Skotlandia boleh memilih “Ya” atau “Tidak” untuk usulan pemisahan diri dari Inggris Raya, yang berarti Skotlandia akan berdiri sebagai sebuah negara independen, dengan pemerintahan sendiri.

Ada banyak tokoh yang mendukung pemisahan Skotlandia, misalnya Sean Connery. Selebritis dan pemain film pemeran James Bond 007 itu termasuk yang memilih “Ya” untuk kemerdekaan wilayah itu.

Namun dua mantan bos Manchester United, Sir Alex Ferguson dan David Moyes, tercatat berdiri menentang kemerdekaan wilayah di sebelah utara Inggris itu. Tokoh sepakbola lainnya yang juga mengkampanyekan “Tidak” untuk referendum ini adalah Ian Rush, Bobby Charlton, dan Jim Leighton.

Dalam perkembangan terakhir terdapat sejumlah pemain tim nasional sepakbola Skotlandia yang telah menyatakan dukungan mereka untuk pilihan “Tidak” dalam referendum kemerdekaan.

Sebanyak 16 pemain dari semua era permainan sepakbola membuat sebuah pernyataan bersama yang menyerukan agar “setiap orang Skot yang patriotik membantu menjaga tempat Skotlandia di Inggris, yang telah melayani Skotlandia dengan begitu baik.”

BACA JUGA  Bek Manchester City Abaikan Kritik Tajam

Rombongan para pemain ini, antara lain meliputi pemain Lisbon Bertie Auld bersama mantan pemain Glasgow Rangers Barry Ferguson dan Ally McCoist, dan dikomandani oleh para mantan manager, Walter Smith (Rangers) dan Billy McNeill (Glasgow Celtic).

Wakil pemimpin Partai Buruh Skotlandia Anas Sarwar mengatakan, “Orang-orang ini telah bermain untuk tim nasional, telah memimpin (tim) Skotlandia dan sekarang mengatakan apa yang mereka yakini terbaik untuk Skotlandia.”

“Ini menunjukkan bahwa kita tidak ada kekurangan gairah dan patriotisme dari orang-orang yang memberikan suara ‘Tidak’.”

Para deklaratoryang menolak kemerdekaan Skotlandia dari Inggris ini termasuk Alex McLeish, Jim Leighton, David Moyes, Alan Hansen, Willie Miller, Paddy Crerand, Davie Provan, Barry Ferguson, Bertie Auld, Denis Law, Ally McCoist, Derek Johnstone, Murdo MacLeod, Ian Durrant, John Brown dan Frank McAvennie.

BACA JUGA  Prediksi West Brom vs Bournemouth, 25 Februari 2017

Pernyataan itu pemain menyebutkan, “Kami warga Skotlandia yang bangga mewakili negara kami di seluruh dunia. Ketika Skotlandia memanggil, kami menjawab.”

“Kami bangga bahwa Skotlandia selalu berdiri di atas dua kaki sendiri tetapi kami juga percaya bahwa Skotlandia berdiri lebih tinggi karena kita adalah bagian dari Inggris Raya.”

“Kami mendesak setiap warga Skotlandia yang patriotik untuk membantu menjaga tempat Skotlandia di Inggris, yang telah melayani Skotlandia dengan begitu baik.”

Pernyataan ini dirilis selagi Skotlandia bersiap untuk memulai kualifikasi Euro 2016 melawan juara dunia Jerman pada hari Senin dinihari WIB.

Sebuah kemenangan bagi tim sepakbola Skotlandia diprediksi akan mengobarkan semangat kedaerahan yang berpotensi memenangkan suara “Ya” bagi kemerdekaan wilayah itu.

Hasil polling terakhir memperlihatkan keunggulan “Ya” sebanyak 51% melawan 49% “Tidak”.

TINGGALKAN KOMENTAR