Ada pemandangan unik saat laga Portugal vs Prancis, di babak final Piala Eropa Euro 2016 ketika Cristiano Ronaldo dari pinggir lapangan, memberi  komando ke rekan-rekannya bergaya bagaikan pelatih.

Pada partai final EURO 2016 tersebut, Cristiano Ronaldo sebetulnya adalah kapten Portugal yang berjuang melawan keperkasaan Prancis. Awalnya CR-7 (julukan Cristiano Ronaldo), memang masuk ke lapangan hijau sebagai kapten yang mengomando rekan-rekannya dari dalam lapangan.

Namun petaka menerpa megabintang yang jadi andalan klub Real Madrid tersebut, sehingga Cristiano Ronaldo harus keluar lapangan karena menderita cidera, setelah sebelumnya ditabrak cukup keras oleh gelandang serang Prancis, Dimitri Payet. Usai menciderai Ronaldo, Dimitri Payet bahkan sempat diancam di dunia maya oleh superter Portugal dan mengagum Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo terpaksa harus ditarik keluar lapangan, menit ke-25 dan digantikan oleh Quaresma. Saat keluar lapangan itu, Ronaldo memang agak lama harus dirawat oleh tim medis, agar rasa sakit di kakinya akibat ditabrak keras oleh Payet bisa mereda.

Namun setelah rasa sakit di kaki merada, bintang berusia 31 tahun ini tidak duduk manis di bangku cadangan sebagaimana lazimnya pemain lain. Ronaldo justru ikut berdiri, memberikan komando dan dukungan moril bagi rekan-rekannya yang sedang berjuang di tengah lapangan.

Gaya Ronaldo dalam memberikan komando kepada teman-temannya di lapangan hijau, tak beda jauh dengan seorang  pelatih. Cristiano Ronaldo demikian serius dan intensif, mengikuti jalannya pertandingan detik demi detik, sambil terus memberikan semangat dan instruksi ke pemain.  Aksi ini dilakukan Ronaldo, berdampingan dengan pelatih Portugal Fernando Santos yang juga memberikan instruksi.

Meskipun Ronaldo bergaya bagai pelatih, namun  Fernando Santos sama sekali tidak tersinggung. Fernando Santos justru  berterimakasih  kepada Ronaldo, yang demikian peduli pada tim sehingga Portugal sukses menjuarai EURO 2016.

Ada beberapa alasan, mengapa Fernando Santos tidak tersinggung dengan aksi Ronaldo. Cristiano Ronaldo adalah kapten tim Portugal, yang sangat besar perhatiannya dan berjuang keras agar Portugal juara. Dengan demikian aksi CR-7 ini adalah wujud nyata perhatian besar Ronaldo untuk kemenangan Timnas Portugal.

Selain itu Ronaldo sebagai kapten, sebetulnya ingin terus membela Timnas Portugal di lapangan hijau. Namun dia jadi amat kecewa, saat harus ditandu keluar lapangan, usai dilabrak Payet. Dengan aksi memberikan instruksi dan semangat dari pinggir lapangan tersebut, kekecewaan Ronaldo akhirnya jadi terobati. Cristiano Ronaldo akhirnya demikian gembira, saat timnya mampu mengalahkan Prancis dan merengkuh gelar Juara EURO.