Jose Mourinho mendukung ide Presiden FIFA Gianni Infantino yang berencana mengajukan penambahan jumlah kontestan Piala Dunia menjadi 48 tim.

Manajer Manchester United Jose Mourinho beranggapan bahwa penambahan kontestan Piala Dunia akan membuat para pemain terlindungi lebih baik. Beberapa waktu lalu, Presiden FIFA Gianni Infantino berharap rencananya untuk memainkan 16 grup yang berisikan tiga tim bisa diterapkan di gelaran Piala Dunia 2026.

Ide tersebut akan diajukan ke Dewan FIFA, melihat kesuksesan turnamen Euro 2016 yang menghasilkan kejutan-kejutan sepanjang gelaran. Sayangnya ide tersebut sudah ditolak terlebih dahulu oleh Asosiasi Klub Eropa, dimana Manchester United menjadi salah satu anggotanya.

Namun Mourinho sangat mendukung penambahan jumlah kontestan itu. Dia yakin adanya potensi yang bagus dalam perubahan tersebut.

“Saya sangat mendukung. Sebagai seorang manajer klub, jika penambahan ini berarti lebih banyak pertandingan, lebih sedikit waktu berlibur dan lebih sedikit waktu pra-musim bagi pemain, maka saya akan menolaknya,” ujar pria asal Portugal itu pada laman resmi FIFA.

BACA JUGA  Balotelli Dipotong Lidahnya Jika Kartu Merah Lagi

“Tapi penting bagi kritikus untuk menganalisa dan memahami bahwa penambahan ini bukan berarti makin banyak pertandingan. (Malahan) para pemain dan klub lebih terlindungi dengan cara ini.”

“Saya lebih memilih grup berisikan tiga tim. Dua pertandingan dan lolos ke babak berikutnya atau pulang. Dengan cara ini, dua pertandingan grup sangat krusial dan babak penyisihan akan memberikan lebih banyak emosi.”

“Tim dengan potensi dan pengalaman sedikit mungkin akan bermain dua laga dan pulang. Tapi mereka akan melakukan itu dengan menambah perkembangan dan pengalaman di atas lapangan yang akan memberikan nilai tambah secara ekonomis karena bermain di putaran final, termasuk investasi dalam infrastruktur sepak bola.”

BACA JUGA  Bintang Muda Monaco Diburu Enam Raksasa Eropa

“Penambahan ini bisa berarti Piala Dunia akan lebih menjadi kegiatan sosial. Lebih banyak negara yang terlibat, lebih banyak investasi di negara-negara yang berbeda dalam soal infrastruktur dan di dunia sepak bola junior.”

“Lebih banyak negara yang terlibat berarti lebih banyak gairah, kebahagiaan dan antusiasme. Lebih banyak negara artinya akan lebih banyak negara dari Afrika, Asia dan Amerika secara bersamaan.”

“Sepak bola dikembangkan oleh klub, jadi kita tidak bisa berharap sepak bola mengalami lonjakan dalam hal kualitas di Piala Dunia. Piala Dunia adalah kegiatan sosial dan sepak bola tidak bisa memungkiri kesempatan ini untuk merefleksikan semangat para fans.”