Walau kalah gengsi dibanding Liga Champions, ajang UEFA Cup tetap menarik untuk ditonton. Apalagi klub yang tampil di ajang ini sebagiannya adalah klub-klub yang pernah menjadi jawara di Liga Champions.

Jumat (7/3) dinihari besok akan berlangsung babak perdelapanfinal leg pertama Piala UEFA. Lima diantara 16 tim yang berlaga di level ini adalah klub-klub yang sudah berpengalaman malang melintang di Liga Champions. Mereka adalah Bayern Munich, PSV Eindhoven, Anderlecht, Hamburg SV dan Bayer Leverkusen. Bayern, PSV dan Hamburg adalah klub yang pernah menjuarai Liga Champions.

Banyak pengamat menjagokan Bayern tampil sebagai kampiun Piala UEFA musim ini. Tetapi, patut diwaspadai pula kebangkitan klub-klub lain seperti Tottenham Hotspur, Everton dan Fiorentina.

BACA JUGA  Siapa Sih FC Rostov? Calon Lawan Manchester United Itu?

Di babak perdelapanfinal leg pertama besok, Bayern akan ditantang tuan rumah Anderlecht. Pertemuan kedua tim seperti menjadi ulangan duel mereka di babak perempatfinal Liga Champions pada tahun 80-an dimana Bayern tampil sebagai pemenangnya.

Sementara dua wakil Jerman, Hamburg dan Bayer Leverkusen sudah harus saling membunuh di babak perdelapan final ini. Leverkusen mendapat jatah sebagai tuan rumah pertandingan leg pertama besok.

Pertandingan yang tak kalah serunya tentu partai Tottenham versus PSV. Sejak dilatih Juande Ramos, penampilan Tottenham terus meningkat tajam. Mereka sukses merebut gelar juara Piala Liga pekan lalu dengan mengalahkan Chelsea 2-1 di final.

Kebangkitan Tottenham di bawah Ramos sudah pasti menjadi tantangam berat bagi PSV dalam laga besok. Apalagi Ramos dikenal sebagai pelatih spesialis piala. Sebelum bergabung dengan Tottenham Desember lalu, dia sukses membawa Sevilla dua kali berturut-turut merebut mahkota juara Piala UEFA.

BACA JUGA  Zlatan Ibrahimovic Terpesona Dukungan Fans Saint Etienne

Klub Inggris lainnya, Everton akan menjamu satu-satunya wakil Italia, Fiorentina. Everton selalu menang dalam tujuh partai terakhir Piala UEFA, namun mereka belum pernah mengalahkan klub-klub dari Italia.

Jadwal Perdelapan Final leg pertama Piala UEFA, Jumat (7/3) dinihari:
Anderlecht vs Bayern
Marseille vs Zenit
Fiorentina vs Everton
Leverkusen vs Hamburg
Tottenham vs PSV
Benfica vs Getafe
Rangers vs Bremen
Bolton vs Sporting
***