Asal Usul Tendangan Salto

 

Para pecinta sepakbola diseluruh dunia pasti sudah sangat mengenal kata “salto” atau “bicycle kick”. Bicycle kick banyak dilakukan pemain untuk mengatasi ruang gerak yang sempit tanpa harus mengontrol bola lagi.

Penemu tendangan salto adalah Ramon Unzaga (1894-1923). Ia kelahiran Bilbao, Spanyol, namun mengungsi ke Talcahuano, Cile pada usia 18 tahun bersama keluarganya. Unzaga bermain untuk Club Atletico y de Futbol Estrella de Mar dari Talcahuano.

Tendangan ini pertama kali di presentasikan pada tahun 1914 ketika timnya bertanding di El Morro. Namun, Unzaga meninggal di usia yang sangat muda, 29 tahun. Ia terkena serangan jantung karena terlalu aktif bergerak.

Tendangan salto harus dilakukan dengan cara yang benar. Ada beberapa pemain di era sekarang yg sudah mencicipi bagaimana rasanya mencetak gol melalui tendangan salto. Pemain tersebut seperti Wayne Rooney, Zlatan Ibrahimovic atau Cristiano Ronaldo. Ibrahimovic adalah pemegang rekor gol dengan tendangan salto terjauh dari jarak sekitar 30 yard.

TINGGALKAN KOMENTAR