bek muda bek prancis Chelsea Liga Inggris Manchester United Premier League Raphael Varane Real Madrid Sepak Bola

Jika Louis van Gaal ingin membuat Jose Mourinho murka, dia seharusnya tahu apa yang harus dilakukan: merekrut Raphaël Varane.

Pemain muda Real Madrid itu dengan cepat memposisikan dirinya sebagai salah satu bek tengah muda terkemuka di dunia sepakbola.

Bintang Prancis ini, meski hanya bermain di 29 laga La Liga dalam dua musim terakhir, menikmati peningkatan pesat menapaki tangga sepakbola, yang akhirnya menyebabkan ia memperoleh peran utama di timnas Prancis di Piala Dunia Brasil lalu.

Dan meskipun Prancis tersingkir di babak perempatfinal, Varane tidak membiarkan siapa pun mengacak-acak kawasan pertahanan mereka. Prancis berhasil menjaga tiga laga tidak kebobolan dari total lima pertandingan di Brasil.

Sekarang, di usia 21 tahun dan mulai terkenal sebagai salah satu bek terbaik dunia, ia mulai melirik target berikutnya, menjadi pemain utama di Real Madrid. Namun Varane punya dua penghalang: Sergio Ramos dan Pepe.

Meskipun kedua bek tengah Madrid itu kadang-kadang menjadi beban ketimbang aset, mereka memainkan peran kunci dalam laga-laga Liga Champions yang memenangkan klub, sehingga tidak akan bisa dicopot dengan mudah.

Itu sebabnya, tidak mengherankan bahwa dua klub elit Liga Premier telah disebut-sebut berminat meminta tanda tangan si pemain. Baik Manchester United dan Chelsea dikabarkan siap untuk membawanya ke Inggris karena kedua tim menargetkan sukses jangka panjang.

Bos baru Manchester United Louis van Gaal telah memulai revolusi di Old Trafford dengan membeli bek penuh berusia remaja Luke Shaw dari Southampton dan bintang Spanyol Ander Herrera dari Atheltic Bilbao.

Duo ini, kini berusia 19 dan 24 tahun, akan sangat membantu klub membangun skuad kuat dalam jangka panjang, sementara juga membuat dampak langsung di Old Trafford. Gaya bermain Varane sangat mirip dengan kedua duet bek tersebut sehingga bisa membangun MU untuk jangka panjang.

Apa hubungannya dengan kemarahan Jose Mourinho? Pelatih asal Portugal itu sejak lama menjadi pengagum Raphaël Varane, dan tentu saja ia manajer pertama yang memberi bintang muda tersebut kesempatan besar di Bernabeu.

Chelsea mungkin saja merekrut Varane, tapi mampukah The Blues memberinya tempat di tim utama Stamford Bridge musim depan? Dengan John Terry dan Gary Cahill, Varane akan segera menemukan dirinya berada dalam posisi yang sama dengan saat ini di Madrid.

Van Gaal, di sisi lain, bisa membuatnya menjadi bek tengah MU dengan segera, dan ini adalah sesuatu yang tidak akan menyenangkan Mourinho.

Apa keunggulan yang ditawarkan Mourinho? Kesempatan berlaga di Liga Champions, sesuatu yang tidak dimiliki oleh MU musim ini. Tapi Van Gaal memiliki rekam jejak yang solid dalam usahanya mengembangkan para pemain junior naik kelas ke tingkat berikutnya.

BACA JUGA  Prediksi Eibar vs Malaga, 26 Februari 2017