Ambisi Barcelona mengejar gelar La Liga tertahan, menyusul kekalahan skuad Frank Rijkaard ini di kandang sendiri, Senin 10/3 dini hari. El Barca hanya mampu bermain 1-2 melawan tamunya, Villarreal.

Gol kemenangan bagi tim The Yellow Submarine dicetak Jon-Dahl Tomasson, hanya sembilan menit sebelum laga usai.

Sebelumnya, Barca yang tertinggal lebih dulu dari Villarreal sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Xavi Hernandez di awal babak kedua. Tim tamu telah menangguk skor awal dari penalti Marcos Senna di menit ke-18.

Di sisa pertandingannya, Ronaldinho dkk dipastikan membutuhkan kerja ekstrakeras untuk mengejar sang jawara sementara Real, yang pada Minggu dini hari kemarin unggul 2-1 dari Espanyol.

Kini, Barca yang mengantongi poin 54 memiliki selisih poin cukup banyak, yakni delapan poin, di bawah tim asuhan Bernd Schuster tersebut.

“Kami memang bermain sangat buruk. Mereka (Villarreal) mendikte kami hampir di seluruh jalannya pertandingan, terutama di babak ke dua,” tandas Presiden Barca, Joan Laporta usai pertandingan.

BACA JUGA  Fans Barcelona Minta Empat Gelar Real Madrid Dicoret!

Dalam dua laga terakhir, Barcelona memang sama sekali tidak menambah perbendaharaan poinnya. Pekan lalu, klub Catalan tersebut dikalahkan Atletico Madrid, dengan skor 2-4. Padahal dua pekan lalu, Barcelona hanya terpaut dua poin dari El Real.

Barca juga kian dibayang-bayangi Villarreal, yang dengan kemenangan dini hari tadi mengantongi poin 50, atau hanya terpaut dua poin di bawah Barca.

Dalam pertandingan tersebut, Barca tidak diperkuat bintang muda asal Argentina, Lionel Messi, yang harus absen enam pekan karena cedera otot kaki. Barisan depan Barca diperkuat Thierry Henry, Ronaldinho -pagi tadi mengambil alih armband kapten dari tangan Carles Puyol yang absen- dan Samuel Eto’o.

Bagi Villarreal sendiri, kemenangan mereka lewat gol pemain pengganti Tomasson, ini merupakan kemenangan pertama mereka di Nou Camp dalam enam tahun terakhir ini.

Mallorca ngamuk
Dalam pertandingan La Liga lainnya, Real Mallorca mengamuk dan mencukur Recreativo Huelva 7-1. Ini sekaligus merupakan rekor belum terkalahkan yang ditorehkan Mallorca, dalam sembilan laga terakhir mereka.

BACA JUGA  Hasil Real Betis vs Sevilla, 25 Februari 2017

Dalam laga tersebut, tiga gol Mallorca dibukukan melalui penyerang Venezuela, Juan Arango, masing-masing di menit ke-18, 46 dan menit ke-50. Hat-trick ini diperbanyak oleh striker Spanyol Daniel Guiza dan gelandang Borja Valero, yang masing-masing mencetak dua gol.

Sedangkan tim tamu Huelva, hanya mampu membalas satu gol, melalui sundulan striker Argentina, Marco Ruben, di menit ke-39. Skor 7-1 bertahan untuk tuan rumah, hingga pluit panjang berbunyi.

Kemenangan ini membawa Mallorca naik ke peringkat 11, dengan perolehan poin 34. Sedangkan Huelva masih kritis di posisi 18, dengan hanya membukukan poin 29.

Berikut ini hasil seluruh pertandingan La Liga, Senin 10/3 dini hari:
Athletic Bilbao 2 – 0 Valladolid
Mallorca 7 – 1 Recreativo Huelva
Osasuna 2 – 1 Almeria
Racing Santander 3 – 0 Real Betis
Real Murcia 0 – 3 Getafe
Sevilla 2 – 1 Levante
Valencia 2 – 2 Deportivo La Coruna
Barcelona 1 – 2 Villarreal (cha)