Nasib PSSI agaknya bakal dialami Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Mereka terancam dibekukan setelah pengadilan menolak banding RFEF yang tak ingin memajukan pemilihan ketua umum baru.

Parahnya, Spanyol yang merupakan salah satu raksasa sepakbola di dunia berpeluang tak bisa unjuk gigi lagi. Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) mengancam Spanyol tidak bisa tampil di Piala Eropa 2008, melarang klub-klub Spanyol untuk ambil bagian di Liga Champions dan Piala Uefa.

Pengadilan Spanyol sebelumnya menuntut agar RFEF dan ketua umumnya yang sekarang, Angel Maria Villar agar mematuhi peraturan pemerintah demi kepentingan rakyat, dengan memajukan pemilihan ketua umum yang baru. Tetapi, sama halnya dengan PSSI, RFEF ngotot tak mau melakukannya tanpa alasan jelas.

BACA JUGA  Hasil Real Betis vs Sevilla, 25 Februari 2017

Sepak bola Spanyol sebelumnya tidak berhasil lolos ke Olimpiade Beijing 2008. Sudah ada peraturan di negara tersebut, bagi badan cabang olahraga yang tak lolos ke event ini harus menggelar pemilihan ketua umum lebih awal, sebelum olimpiade berlangsung Agustus nanti.

Villar sendiri telah memimpin RFEF selama 20 tahun. Dia menolak tuntutan pemerintah, dengan alasan masa jabatannya baru berakhir 26 November nanti.

Terkait hal ini, Ketua FIFA Sepp Blatter menuduh pemerintah setempat telah mengintervensi RFEF, dan mengancam akan membekukan sepak bola Spanyol.

Tentu saja, ini ancaman berat bagi Spanyol karena FIFA tentu tak akan main-main, seperti halnya ancaman FIFA bagi PSSI dan Indonesia. Bedanya, prestasi Spanyol telah diakui dunia. Tak bisa ambil bagian dalam sebuah event saja, akan sangat berpengaruh bagi mereka. (cha)

BACA JUGA  Villarreal Siap Jadi Sasaran Kemarahan Real Madrid