Senin, Februari 27, 2017
Golbet88
Topik Copa del Rey

Topik: Copa del Rey

Copa del Rey – Sebagai simbol kebanggaan Catalonian – dan bagi banyak orang, nasionalisme Catalonian – FC Barcelona memiliki sejarah namun rumit bertingkat dengan Copa del Rey, Spanyol, setara dengan Piala FA Inggris.

Didirikan pada tahun 1903, “La Copa” – nama lengkap Copa de Su Majestad el Rey, atau Piala Mulia Raja – adalah kompetisi sepakbola tertua di Spanyol. Barcelona, ​​pemegang saat Piala, telah memenangkan rekor 27 kali. archrivals Blaugrana ini Real Madrid telah memenangkan Piala 19 kali, terakhir kali datang pada tahun 2014.

Minggu ini, FCB meraih tempat di semifinal kompetisi dengan mengalahkan Athletic Bilbao, klub lain dengan hubungan yang rumit dengan La Copa, mengingat asal Basque tersebut, di perempat final.

Bilbao telah memenangkan La Copa 23 kali, tapi gol Neymar dan Luis Suarez di dua kaki dihilangkan mereka kali ini (5-2 agregat). Tujuan Gerard Pique di leg kedua menambahkan penghinaan untuk cedera.

Tapi pada dasarnya, Barcelona memiliki hubungan yang sangat kompleks dengan turnamen. Setelah semua, sepanjang sejarahnya, klub telah sering bertentangan dengan pemerintah pusat Spanyol, yang berbasis di Madrid. Francisco Franco, yang memerintah Spanyol dari akhir Perang Saudara Spanyol melalui pertengahan 1970-an, tidak merahasiakan keinginannya untuk menghancurkan klub Catalan.

Dan, meskipun klub belum ditimbang dalam pada gerakan kemerdekaan Catalan dalam beberapa tahun terakhir, para pendukungnya melakukan menampilkan bendera Catalonian sebagai lagu kebangsaan Spanyol dimainkan sebelum terbaru final Copa del Rey, di Camp Nou, pada bulan Mei.

Untuk saat ini, itu aman untuk mengatakan sebagian besar pendukung Blaugrana ingin tim mereka untuk memenangkan “La Copa” – untuk semua prestise dan untuk tetap keluar dari tangan membenci Real Madrid. Tetapi ada lebih dari beberapa yang akan sama senang melihat klub menarik diri dari kompetisi – jika itu berarti bahwa tanah air mereka adalah bagian tidak lagi dari Spanyol dan, dengan demikian, sebuah negara merdeka.

Kadang-kadang kompetisi lebih dari sebuah acara olahraga. Dan yang pasti terjadi ketika datang ke FC Barcelona dan Copa del Rey.