Alasan PSSI Tunjuk Indra Sjafri Kembali Jadi Pelatih Timn U-19

Indra Sjafri kembali dipilih sebagai pelatih Timn U-19 menggantikan Bima Sakti.
Alasan PSSI Tunjuk Indra Sjafri Kembali Jadi Pelatih Timn U-19

Gilabola.com – Pelatih Indra Sjafri resmi kembali ditunjuk sebagai pelatih Timnas U-19 oleh PSSI pada Rabu (29/4) malam. Dia dipilih kembali karena mempertimbangkan beberapa hal penting terkait program Timnas U-19 ke depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan bahwa keputusan memilih Indra Sjafri dilakukan setelah melalui diskusi baik di level Departemen Teknis, High Performance Unit, dan rapat Komite Eksekutif.

Indra Sjafri menggantikan Bima Sakti yang sebelumnya dipercaya sebagai pelatih sementara Timnas U-19, pasca pemberhentian Indra Sjafri akhir tahun lalu. Bima Sakti selanjutnya akan fokus membantu pelatih Luis Milla mempersiapkan Timnas U-23.

“PSSI dalam rangka mempersiapkan Timnas U-23, memutuskan melepas Bima Sakti ke Timnas U-23 agar fokus. Dengan segala background pada 19 April Komite Eksekutif memanggil kembali Indra Sjafri untuk menjadi pelatih Timnas U-19,” ungkap Joko Driyono saat mengumumkan pengangkatan Indra Sjafri, Rabu (25/4) malam.

Joko mengungkapkan alasan menarik kembali Indra adalah karena melihat pertimbangan waktu. Pada tahun ini, Timnas U-19 bakal mengikuti dua event yakni Piala AFF dan Piala AFC.

Advertisement

“Coach Indra Sjafri sebelumnya tidak dilepas, dia untuk proyek jangka panjang Timnas, yaitu Olimpiade 2024, dan sekarang beliau sedang mengejar lisensi Pro AFC.”

“Juga pertimbangannya waktu, sehingga adaptasinya tidak bermasalah. Dari beberapa pilihan, Indra dipilih menjadi pelatih,” tambahnya.

Terkait target, PSSI menegaskan tidak ada yang berubah. Joko berharap timnas bisa memberikan prestasi yang terbaik. Ini jadi kali ketiga Indra melatih timnas U-19 setelah era Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri.

“Target tidak berubah. Kami ingin di Piala AFF menjadi yang terbaik. Sementara di Piala AFC menjadi semifinalis agar mendapat tiket ke Piala Dunia U-20 2019,” ujar Joko.