Hasil Barito Putera vs PSM Makasar, Skor Akhir 2-1

Barito Putera menjamu PSM Makassar di pekan ke empat Liga 1 Indonesia/2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/5) sore.
Barito Putera menjamu PSM Makassar di pekan ke empat Liga 1 Indonesia/2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/5) sore.

Berita Bola – Barito Putera melawan PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/4). Pertandingan ini diakhiri dengan skor 2-1.

Kedatangan PSM Makassar di pekan ke empat Liga 1 musim ini, Barito Putera bertemu dengan bekas pemainnya yang kini membela tim Juku Eja. Dua mantan pemain Barito Putera, yakni kiper Shahar Ginanjar dan Agi Pratama sebelumnya, diketahui kini telah membela PSM Makassar.

Tak peduli bertemu mantan pemainnya, Barito Putera telah berusaha tampil menekan sejak awal pertandingan. Sebagai tuan rumah yang bermain di hadapan suporternya sendiri, Laskar Antasari tentunya ingin amankan poin sempurna.

Ini terbukti saat Douglas Packer berhasil memanfaatkan bola muntah hasil eksekusi penalti yang sebelumnya gagal dilakukan Samsul Arif. Barito Putera pun memimpin 1-0 saat laga baru berjalan 17 menit.

Wasit sebelumnya menghadiahi tuan rumah, Barito Putera, dengan penalti setelah Paolo Sitanggang dilanggar Zulkifli di area terlarang. Eksekusi penalti yang dilakukan Samsul Arif nyaris gagal, namun berhasil dimanfaatkan Packer dengan jitu.

Advertisement

Namun, hanya berselang 11 menit kemudian, PSM Makassar berhasil samakan kedudukan lewat aksi pemainnya, Ferdinand Sinaga, yang menerima umpan jauh dari sang kiper, Shahar Ginanjar yang benar-benar jeli sodorkan bola pada pemain yang juga pernah membela Persib Bandung dan Sriwijaya FC ini. Hasilnya, kedudukan kedua tim pun imbang, 1-1, di menit 28.

PSM sendiri tampil tanpa dua pemain asingnya, Wiljan Pluim dan Marc Anthony Klok, namun mampu mengancam barisan belakang Barito. Keberanian tim tamu pula yang akhirnya membuat Ferdinand berhasil samakan kedudukan.

Di sisa babak pertama, kedua tim tampak memperlambar ritme permainan mereka, dan harus puas dengan skor imbang 1-1 hingga jeda turun minum.

Di awal babak ke dua, gawang PSM nyaris kebobolan saat beberapa pemain Barito Putera bekerja sama dan ciptakan kemelut di area terlarang PSM. Beruntung bola yang coba disarangkan ke gawang Shahar masih melambung, dan Barito Putera gagal menambah skornya.

Babak kedua laga ini tak kalah ketat dibandingkan pertarungan kedua tim di babak pertama sebelumnya.Ā Barito Putera terus menguasai lini tengah, apalagi setelah PSM tak diperkuat pemain andalannya, Marc Klok, di laga ini. Sedangkan PSM, lebih andalkanĀ serangan balik dan umpan-umpan panjang dengan harapan bisa dimanfaatkan pemain depannya.

Namun, hingga memasuki menit ke-60, tak ada gol yang dicetak para pemain kedua tim yang tampak kelelahan dalam pertandingan kali ini. Walau sama-sama saling berusaha menyerang, namun tak ada satupun peluang yang membuahkan gol tambahan.

Baru kemudian di masa injury time 90+2, Barito Putera berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-1 lewat gol jarak jauh yang dibukukan gelandang serang asal Argentina, Matias Cordoba, yang sukses memanfaatkan umpan Rizky Ripora. Tuan rumah Barito Putera pun bukukan kemenangan, 2-1!

Susunan Pemain

Barito Putera: Aditya Harlan (PG), Muhammad Rifki, Aaron Evans, Dandi Maulana Haq, Nazar Nurzaidin, Douglas Packer, Matias Cordoba, Rizky Ripora, Paulo Sitanggang, Raffi Syaharil, Samsul Arif Munip (c).

PSM Makassar: Shahar Ginanjar (PG), Zulkifly Syukur (c), Steven Paulle, Abdul Rahman Sulaeman, Muhammad Fauzan Jamal, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam Bahar, Guy Junior, Muhammad Rachmat/Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga.