Luis Milla Ungkap Strategi Timnas Indonesia Hadapi Islandia

Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla sudah tahu cara mengantisipasi permainan cantik Islandia, Minggu (14/1) malam ini.
Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla sudah tahu cara mengantisipasi permainan cantik Islandia, Minggu (14/1) malam ini.

Gilabola.com – Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla, mengakui kehebatan timnas islandia yang akan menjadi lawan Indonesia dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karo (SUGBK), Minggu (14/1) malam ini. Meski demikian Milla mengatakan Tim Garuda tak akan gentar menghadapi lawannya itu.

Milla mengklaim sudah mempelajari gaya bermain Islandia. Dia tahu kekuatan dan kelemahan tim kontestan Piala Dunia 2018 tersebut setelah menyaksikan mereka mencukur Indonesia Selection 6-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (11/1).

Menurutnya tim besutan pelatih Heimir Hallgrimsson memiliki pola permainan menyerang yang cepat serta transisi bertahan cukup bagus. Pemain Islandia juga disebutnya sangat pandai memanfaatkan keunggulan tinggi badan dalam memaksimalkan umpan-umpan silang.

“Mereka kerap main direct ball dan punya tinggi tubuh yang bagus. Tak cuma itu, Islandia juga punya senjata lain, yaitu ritme permainan mereka yang sangat cepat,” kata Luis Milla dalam jumpa pers di Jakarta kemarin.

Meski demikian Luis Milla percaya tim besutannya bisa meladeni permainan Islandia dalam laga nanti. Untuk meredam permainan cepat lawan, kata Milla, dia menginstruksikan pemainnya untuk bermain rapat dan tidak cepat kehilangan bola.

Advertisement

“Ini pertandingan tidak akan mudah, tetapi saya percaya anak-anak ingin belajar. Untuk mengantipasi mereka, kami akan coba bermain dekat, dan rapat, serta tidak cepat kehilangan bola,” jelas Milla. “Saya percaya Indonesia bisa mempersulit Islandia pada pertandingan besok.”

Setali tiga uang dengan Luis Milla, bek tengah Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto juga mengatakan umpan silang merupakan senjata utama Islandia yang harus diwaspadai oleh Indonesia.

“Umpan crossing mereka sangat berbahaya. Saya melihat rekaman video pertandingan mereka saat melawan Indonesia Selection. Jadi, kami harus siap mematahkannya,” kata Fachruddin Aryanto seperti dikutip dari BolaSport.

Tak hanya umpan silang, Fachruddin menyebut permainan Islandia juga sangat cepat. Ia juga meminta pemain Indonesia untuk mewaspadai umpan terobosa Islandia yang didahului permainan cantik dari kaki ke kaki.