Persipura Jayapura Andalkan Putera Daerah Musim Depan

Minimnya dana sponsor, membuat Persipura akan lebih andalkan putera daerah di Liga 1 musim depan.
Minimnya dana sponsor, membuat Persipura akan lebih andalkan putera daerah di Liga 1 musim depan.

Langkah itu dilakukan Persipura karena sampai saat ini Tim Mutiara Hitam masih terkendala masalah sponsorship. Keterbatasan dana membuat manajemen Persipura belum mampu datangkan pemain asing jelang Liga 1 musim depan.

Diungkapkan Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, pihaknya terus berusaha mencari cara untuk atasi situasi ini. Menurutnya, Persipura akan andalkan putera daerah untuk mengisi skuad musim depan.

Persipura yang musim depan akan diasuh pelatih asal Inggris, Peter Butler, itu berencana datangkan sejumlah putera daerah yang saat ini merumput bersama klub lain di luar Papua. Benhur juga berniat datangkan empat pemain Persipura U-19 yang berhasil menjuarai Liga 1 U-19 pada musim 2017 lalu.

“Para pemain Persipura saat ini, 80 persen merupakan anak-anak asli Papua yang memang kami pertahankan. Kami juga akan merekrut pemain-pemain Papua yang bermain di luar Papua,” ujarnya.

Setelah musim lalu berakhir, manajemen Persipura sebenarnya sudah melepas 20 persen pemainnya di Liga 1, termasuk seluruh pemain asing yang semula memperkuat tim tersebut. Kini, Persipura hanya pertahankan para pemain asli Papua.

Advertisement

Saat ini, dua nama dikaitkan dengan transfer ke Jayapura. Mereka adalah Terens Puhiri yang masih membela Borneo FC dan Yanto Basna yang merumput di Sriwijaya FC. Benhur pun yakin, para putera asli Papua ini mau pulang kampung dan bermain untuk Persipura, walau sejauh ini belum ada kontrak yang diteken kedua pemain itu.