Timnas Indonesia U-16 Hancurkan Kamboja 5-0 di Turnamen Jenesys

Timnas U-16
Timnas U-16

Gilabola.com – Tim Nasional Indonesia U-16 kembali menunjukkan ketangguhannya. Dalam laga kedua Grup B Turnamen Jenesys 2018, Jumat (9/3), tim besutan pelatih Fakhri Husaini ini menghancurkan Kamboja 5-0.

Gol-gol Timnas Indonesia U-16 dalam laga yang berlangsung di Stadion Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sport Park, Jepang, dicetak oleh Sutan Zico menit ke-2, Hamsa Lestaluhu menit ke-30 dan 85, dan Mochammad Supriyadi menit ke-76 dan 78.

Sehari sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 membantai Filipina dengan skor telak 7-1. Gol-gol kemenangan Tim Garuda Muda dalam laga kontra Filipina dicetak oleh Yadi Mulyadi, Sutan Zico (2 gol), David Maulana (2 gol), Komang Teguh, dan Bagas.

Turnamen Jenesys merupakan sebuah turnamen tahunan yang digelar oleh Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan sepak bola usia muda di Asia Tenggara. Di turnamen ini, Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup B bersama Filipina dan Kamboja.

Mengomentari kemenangan atas Kamboja dalam laga kedua hari ini, pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini mengaku cukup puas. Dia mengatakan permainan Kamboja, terutama dari sisi sayap, sempat merepotkan pertahanan Indonesia.

Advertisement

“Pertandingan tadi cukup bagus buat kami dan sangat menarik. Pemain-pemain sayap kamboja yang memiliki kecepatan bisa merepotkan pertahan kami,” ujar Fakhri Husaini.

“Tapi, beruntung kami bisa meraih gol cepat dan bisa menaikkan mental bertanding anak-anak,” tambah mantan pemain Timnas Indonesia era 90-an asal Aceh ini.

Meski begitu, Fakhri mengakui anak asuhnya masih punya beberapa catatan kesalahan. Seringkali para penggawa Timnas U-16 kehilangan bola di daerah sendiri, dan membuang peluang yang ada.

“Mereka masih sering kehilangan bola di daerah sendiri. Selain itu, di pertandingan ini sebenarnya kami memiliki banyak peluang namun anak-anak belum bisa memaksimalkan peluang tersebut menjadi gol.”