10 Manajer Sepakbola Bergaji Terbesar 2018, Guardiola No 2, Mourinho No 3

Dua rival terbesar di dunia kepelatihan Liga Inggris, Pep Guardiola dan Jose Mourinho, berjabatan tangan satu sama lain.
Dua rival terbesar di dunia kepelatihan Liga Inggris, Pep Guardiola dan Jose Mourinho, berjabatan tangan satu sama lain.

Gilabola.com – Dari 10 pelatih bola dengan gaji terbesar, 6 orang merumput di negara tanpa tradisi sepak bola. Sementara itu Pep Guardiola cuma No 2, Jose Mourinho No 3.

Pemenang Ballon d’Or tahun 2006, Fabio Cannavaro, baru-baru ini dikukuhkan sebagai manajer dengan bayaran tertinggi di Liga Super China. Namanya sudah masuk dalam daftar terbaru dari 10 bos dengan gaji terbaik di dunia!

Inggris adalah negara kelahiran sepak bola, sementara China sedang berusaha menjadi salah satu magnet terbaru dunia sepak bola dengan menggunakan kekuatan ekonominya. Mereka berencana menjadi tuan rumah Piala Dunia di masa datang.

Daftar Manajer Sepakbola Dengan Gaji Tertinggi 2018

Duduk di urutan Nomor 10 adalah Jurgen Klopp dari Liverpool, yang menurut Business Insider menghasilkan Rp 132,9 Milyar per tahun di Inggris.

Dragan Stojkovic dan Gregorio Manzano, yang berada di China bersama dengan Guangzhou R&F dan Guizhou Hengfeng, masing-masing dilaporkan berpenghasilan Rp 134 Milyar setahun.

Advertisement

Mantan bos timnas Inggris Fabio Capello dilaporkan menghasilkan Rp 169 Milyar per tahun di Jiangsu Suning. Sama dengan sang pelatih asal Italia, manajer Hebei China Fortunes Manuel Pellegrini dan bos Arsenal Arsene Wenger juga menerima gaji tahunan yang sama.

Cannavaro, yang memenangkan hadiah Ballon d’Or 12 tahun lalu, berada di urutan keempat dengan pendapatannya sebesar Rp 201 Milyar per tahun, membuatnya menjadi manajer dengan gaji tertinggi di divisi teratas sepak bola China.

Bos Manchester City Pep Guardiola berada di urutan kedua dengan gaji tahunannya sebesar Rp 290,6 Milyar, unggul atas saingannya di posisi ketiga Jose Mourinho di Manchester United dengan nilai Rp 284,9 Milyar per tahun.

Mantan manajer timnas Italia Marcello Lippi masih merupakan manajer bola dengan gaji tertinggi di dunia sepak bola, sesuai laporan Business Insider. Pelatih berusia 69 tahun diyakini mendapat gaji tahunan sebesar Rp 341,9 Milyar per tahun.