Antonio Conte Khawatir Chelsea Keluar dari Empat Besar

Antonio Conte prioritaskan Chelsea rebut posisi empat besar di Liga Premier Inggris.
Antonio Conte prioritaskan Chelsea rebut posisi empat besar di Liga Premier Inggris.

Manajer Chelsea Antonio Conte telah memperingatkan timnya bahwa mereka menghadapi persaingan ketat untuk finish di empat besar Liga Primer Inggris musim ini menyusul kekalahan mengejutkan Sabtu (9/12) saat melawan West Ham United.

Juara bertahan tersebut dipaksa menyerah 0-1 kepada tuan rumah West Ham di London Stadium. Kekalahan itu membuat The Blues kini tercecer 14 poin di belakang pemuncak klasemen sementara Manchester City.

Dari 16 laga yang telah dimainkan, Chelsea mengoleksi nilai 32 dan berada di posisi ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris. Mereka terpaut tiga poin dari peringkat kedua Manchester United, dan unggul dua poin atas Liverpool dan tiga poin atas Arsenal.

Sangat kecil peluang Chelsea untuk bisa mengejar Manchester City di puncak klasemen sekaligus mempertahankan gelar juara. Maka target realistis Chelsea di ajang Liga Primer musim ini adalah bertahan di posisi empat besar di klasemen akhir agar bisa tampil di Liga Champions di musim berikut.

Namun Antonio Conte mengingatkan timnya bahwa mengamankan tempat untuk lolos ke Liga Champions musim depan bukanlah pekerjaan mudah. Karena ada lima tim lain yang juga berpeluang merebut posisi tersebut, yaitu Manchester United, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur dan Chelsea sendiri.

Advertisement

“Ada masalah di liga (Premier League) ini. Ada enam tim papan atas dan hanya ada empat tempat untuk Liga Champions dan dua tempat untuk Liga Europa,” kata Conte kepada wartawan seperti dilansir Sportsmole.com.

“Jika Manchester City memiliki banyak poin di atas Anda, maka target penting Anda selanjutnya adalah mencoba berada di posisi empat besar dan bermain di Liga Champions. Jangan lupa, dua tahun lalu Chelsea melewatkan target (empat besar) ini, sehingga tak tampil di kompetisi Eropa musim lalu.”

“Prioritas kami adalah bermain di liga. Saya ulangi, kami memiliki target untuk mencoba bermain dan memburu satu dari empat tempat di Liga Champions musim depan.”

“Jangan lupakan bahwa musim lalu Arsenal dan Manchester United sudah keluar dari (zona) Liga Champions. Tapi Manchester United berhasil memenangi Liga Europa, sehingga bisa tampil di Liga Champions musim ini.”

“Target (empat besar) ini sangat penting bagi saya, dan bagi para pemain. Tapi saya ulangi, tidak mudah mencapai posisi empat besar,” kata Conte.