Manchester City Bayar Liverpool dan Tottenham Hotspur Usai Juara

Tottenham Hotspur dan Liverpool menjadi dua klub Inggris yang ikut nikmati keuntungan Manchester City usai jadi juara.
Tottenham Hotspur dan Liverpool menjadi dua klub Inggris yang ikut nikmati keuntungan Manchester City usai jadi juara.

Berita Bola – Liverpool dan Tottenham Hotspur ketiban untung dari kemenangan Manchester City di ajang Liga Premier, karena klausul yang ada dalam transfer Raheem Sterling dan Kyle Walker ke Citizens.

Manchester City dikonfirmasi jadi juara Liga premier musim ini pada Minggu (15/4), setelah rival sekotanya, Manchester United, secara mengejutkan kalah dari tim juru kunci, West Bromwich Albion, dalam laga yang digelar di Old Trafford.

Kekalahan tersebut membuat Manchester City melaju 16 poin dari United dengan sisa lima pertandingan lagi di pengujung musim ini – atau, ada 15 poin yang kembali bisa dikantongi City di sisa musim ini. Gelar juara City di musim ini juga menjadikan tim tersebut sebagai tim yang paling awal yang pernah amankan gelar juara Premier League.

Namun, kemenangan gelar City tersebut tidaklah murah. Menurut laporan The Times, tiga transfernya baru-baru ini masukkan pula klausul pembayaran pada klub-klub asal jika City memenangkan liga.

Tottenham Hotspur akan jadi klub yang mendapat rejeki nomplok terbesar, karena setelah City memenangkan gelar musim ini City harus bayarkan 1,5 juta poundsterling (sekitar Rp29,5 miliar) yang dimasukkan ke dalam kesepakatan transfer Kyle Walker musim panas lalu.

Advertisement

Begitu juga dengan Raheem Sterling, yang memenangkan gelar Liga Premier pertamanya bersama Manchester City sejak ia tinggalkan Liverpool tiga tahun lalu.

Namun, City harus bagi-bagi rejeki dengan Liverpool sebesar satu juta pouds (Rp19,6 miliar), yang dimasukkannya dalam kesepakatan transfer pemain berdarah Jamaika ini.

Selain itu, ada pula klub lama Leroy Sane, Schalke, yang juga akan kebagian rejekinya City, walau hanya sekitar 432 ribu pounds (Rp8,5 miliar).

City juga akan bagi-bagi bonus terkait gelar juaranya di musim ini. Mereka alokasikan dana sebesar 10 juta pounds (Rp196,8 miliar)yang akan dibagi sama ke seluruh anggota skuad, di mana beberapa bintang senior seperti Kevin De Bruyne akan kantongi dana 500 ribu pounds (Rp9,8 miliar) yang cukup mencengangkan.

Sedangkan Guardiola, pelatih asal Catalan itu juga dipastikan akan mendapat bonus yang signifikan karena keberhasilannya dalam membawa City merebut gelar juara dari Chelsea. Mantan manajer Barcelona dan Bayern Munchen itupun diharapkan akan memperpanjang kontraknya hingga 2020 pada akhir musim ini.