Tiga Pelatih Chelsea Dituduh Lontarkan Komentar Rasis

Chelsea tersandung kasus rasial, ada tiga pelatih tim junior yang dituduh mengeluarkan komentar bernada rasis kepada pemain-pemain muda berkulit hitam.
Chelsea tersandung kasus rasial, ada tiga pelatih tim junior yang dituduh mengeluarkan komentar bernada rasis kepada pemain-pemain muda berkulit hitam.

Gilabola.com – Chelsea berjanji akan mendukung penuh upaya penyelidikan tuduhan adanya komentar bernada rasis yang dilontarkan tiga pelatihnya.

Seperti diberitakan oleh media asal Inggris, Guardian, ada tiga pelatih tim junior yang dituduh mengeluarkan komentar bernada rasis kepada pemain-pemain muda berkulit hitam.

Penyelidikan pun dilakukan, dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris langsung mendalami perkara ini dan telah berbicara dengan dua dari tiga pemain yang menjadi korban.

Sementara itu polisi Metropolitan London kembali membuka kasus ini, setelah sebelumnya menyatakan tidak ada bukti yang cukup untuk menjerat para pelaku usai dilakukan penyelidikan selama tujuh bulan.

Advertisement

Akan tetapi hanya Graham Rix dan Gwyn Williams, dua dari tiga pelatih yang disangkakan, mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan tersebut.

Selain melontarkan komentar bernada rasis kepada para pemain junior, Rix malah diyakini pernah melempar kopi panas ke wajah salah satu pemain muda.

Rix pun dituduh pernah mempermalukan salah satu anak asuhnya yang berkulit hitam yang digantikan oleh seorang kiper cadangan kala melakoni sebuah laga di Spanyol.

Kabarnya saat para pemain muda yang mendapat tekanan dan hinaan itu hengkang ke klub baru, manajer di klub baru kerap heran dengan hilangnya kepercayaan diri sang pemain.

Tentu Chelsea tidak akan tinggal diam dan bersumpah akan mendukung semua upaya penyelidikan agar masalah ini bisa segera rampung, walau The Blues diadukan ke pengadilan oleh kedua tertuduh.

“Apa yang selalu kami tekankan terhadap tuduhan ini adalah kami menganggapnya sangat serius,” ujar Steve Atkins, kepala komunikasi dan hubungan masayarakat klub asal London itu, sesudah konferensi pers Antonio Conte.

“Kami sepenuhnya bersikukuh untuk melakukan hal yang benar, dengan mendukung pihak-pihak yang menjadi korban, dan kami akan menyertai pihak otoritas dan mendukung upaya investigasi.”

Rix dan Williams merupakan tokoh kunci di ruang ganti kala Glenn Hoodle, Ruud Gullit dan Gianluca Viali masih menjadi manajer.

Seperti diberitakan oleh Guardian, diharapkan para pemain junior yang kini telah berusia lebih dari 30 tahun itu untuk maju memberikan kesaksian di depan pengadilan, seperti yang terjadi pada kasus pelecehan seksual tahun lalu.