Bima Sakti dan Gonzales Jadi Pelatih Timnas U-19 Gantikan Indra Sjafri

Indra Sjafri dicopot dari jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19.
Indra Sjafri dicopot dari jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19.

PSSI akhirnya mencopot Indra Sjafri dari jabatan pelatih Timnas U-19. Sebagai penggantinya PSSI menunjuk Bima Sakti dan Cristian Gonzales.

Indra Sjafri dicopot setelah baru 10 bulan menjalani tugas sebagai pelatih Tim Garuda Muda. Pencopotan Indra Sjafri tidak lepas dari hasil minor yang diraih timnya di Piala AFF U-18 2017 dan kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Pada Piala Piala AFF U-18, Timnas Indonesia U-19 tampil sebagai juara Grup B mengungguli tuan rumah Myanmar. Namun, langkah Egy Maulana dan kawan-kawan terhenti di semifinal lantaran takluk lewat adu penalti 2-3 (0-0) dari Thailand.

Sedangkan di kualifikasi Piala Asia U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 mengawali kiprah dengan baik berkat kemenangan 5-0 atas Brunei Darussalam dan Timor Leste. Namun dia dua laga berikutnya, mereka kalah 0-4 dari Korea Selatan, dan 1-4 Malaysia, yang membuat Timnas Indonesia U-19 finis di posisi ketiga Grup F.

Selanjutnya, untuk mengisi posisi lowong yang ditinggalkan Indra Sjafri, PSSI secara mengejutkan menunjuk asisten pelatih timnas senior, Bima Sakti Tukiman, untuk menjadi pelatih sementara. Bima akan dibantu oleh striker Arema FC, Cristian Gonzales. Namun keduanya berada di bawah bimbingan pelatih Timnas, Luis Milla.

Advertisement

“Sementara ini kita akan gunakan Bima Sakti dan Cristian Gonzales. Bima akan dibantu oleh Gonzales tapi dibimbing oleh Luis Milla,” ujar Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

“Harapannya, ada peningkatan dari permainan dan berlanjut sehingga nantinya Timnas U-19 dan U-23 bisa saling berhubungan,” tambahnya.

Edy menambahkan pelatih definitif untuk Timnas U-19 akan segera dicari. Dia mengisyaratkan pelatih baru berasal dari Eropa.

“Kami mau coba rekrut pelatih dari luar. Orang kami (PSSI) sudah coba berkomunikasi. Soal negara mungkin dari Spanyol atau Italia. Akan sesegera mungkin kami umumkan,” katanya.