Gennaro Gattuso Akui Arsenal Layak Menang

Gennaro Gattuso
Gennaro Gattuso

Gilabola.com – Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso mengungkapkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan anak asuhnya kala dipermalukan Arsenal di hadapan publiknya sendiri Jumat (09/03) dini hari WIB.

Arsenal sukses mengalahkan AC Milan 2-0 dalam laga leg pertama 16 besar Liga Europa di San Siro, dini hari WIB tadi, berkat gol-gol Henrikh Mkhitaryan (15) dan Aaron Ramsey (45).

Atas kekalahan ini AC Milan kehilangan rekor 13 laga tidak terkalahkan dan Gennaro Gattuso hanya bisa berharap anak asuhnya bisa memetik pelajaran untuk pertemuan kedua nanti.

“Arsenal memang pantas untuk menang. Saya sudah yakin mereka akan bermain seperti ini,” tutur Gattuso pada Sky Sports.

“Saya harap pengalaman ini bisa berguna di masa mendatang. Menerima beberapa kekalahan bisa berguna juga demi perkembangan selanjutnya.”

Advertisement

“Kami terlalu jelek di babak pertama, menderita karena kualitas lawan dan gagal kompak antar lini serta terlalu banyak melakukan kesalahan dari sisi teknis.”

“Sebetulnya kami mampu mencetak beberapa gol tapi kami juga bisa saja kebobolan lebih banyak gol.”

Walau AC Milan mengalami kenaikan peforma di paruh kedua di pentas Serie A pasca diambil alih Gennaro Gattuso dari Vicenzo Montella, ia yakin anak asuhnya masih harus beradaptasi di kompetisi Eropa, termasuk kala berhadapan dengan tim-tim Inggris yang diguyur hak siar yang lebih besar.

“Bermain di kompetisi Italia dan di Eropa adalah dua hal yang berbeda,” tambahnya. “Di Eropa, Anda bisa melihat tim-tim yang kompetitif dari segi teknik dan fisik, dan kemudian satu tim Inggris mampu mengambil tiga atau empat porsi hak siar televisi (dibandingkan klub-klub) Italia.”

“Ini bukan berarti kami kurang berkualitas, tapi struktur para pemain mereka sangat berbeda dengan kami.”