Hasil Persija Jakarta vs Home United, Skor Akhir 1-3

Persija Jakarta menyerah 1-3 kepada Home United pada semifinal leg kedua Piala AFC zona ASEAN, Selasa (15/5).
Persija Jakarta menyerah 1-3 kepada Home United pada semifinal leg kedua Piala AFC zona ASEAN, Selasa (15/5).

Gilabola.com – Hasil pertandingan Persija Jakarta melawan Home United dalam laga leg kedua semifinal Piala AFC Zona ASEAN di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (15/5) malam. Pertandingan dimenangi Home United dengan skor 3-1.

Di hadapan sekitar 40-an ribu Jakmania, Persija langsung menekan pertahanan Home United. Di menit pertama, tiga kali Persija melepaskan tembakan di dalam kotak penalti tapi masih mampu dihadang pemain-pemain tim tamu yang menjaga di depan mulut gawang.

Keasyikan menyerang justru jadi bencana bagi Persija Jakarta. Tim tamu berhasil mencuri gol melalui sebuah serangan balik cepat pada menit ke-6.

Bola umpan silang dari kiri gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Rizky Darmawan. Bola lepas dari tangkapannya langsung disambar dengan sundulan oleh striker Home United, Shahril Ishak, dan gol untuk keunggulan tim tamu 1-0.

Persija Jakarta berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 dua menit kemudian melalui penalti Marko Simic. Penalti didapat Persija setelah Novri Setiawan dijatuhkan oleh pemain Home United di dalam kotak terlarang.

Advertisement

Tapi Home United tak butuh waktu lama untuk kembali unggul. Pada menit ke-12 tim tamu mendapat hadiah penalti setelah Rezaldi Hehanusa melakukan pelanggaran yang tidak perlu di kotak terlarang. Shahril Ishak sukses mengeksekusi penalti untuk membawa Home United unggul 2-1.

Marko Simic nyaris menyamakan kedudukan di menit ke 21. Sayang bola sundulannya ke sudut kiri bawah gawang Home United masih bisa dibelokkan keluar dengan ujung jari oleh kiper Rudy Khairullah.

Bencana bagi Persija Jakarta. Bek tengah Jaimerson Xavier diusir wasit setelah diganjar kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran terhadap pemain Home United di menit ke-36. Lini pertahanan Persija pun semakin rapuh.

Home United berhasil memanfaatkan kelemahan di lini pertahanan Persija dengan mencetak gol lagi di menit ke-43 untuk menambah keunggulan jadi 3-1. Gol dicetak oleh  Song Ui-young melalui sundulan.

Sebuah peluang emas didapat Marko Simic di injury time atau menit ke 45+1. Sundulan kerasnya untuk meneruskan umpan silang Novri masih mengarah tipis di samping kanan gawang Home United.

Dengan skor ini, maka Persija ketinggalan secara agregat 3-6 setelah babak pertama. Praktis peluang Persija untuk lolos ke partai final sudah tertutup.

Kekurangan satu pemain tidak mengendurkan perjuangan anak-anak Macan Kemayoran di babak kedua. Justru sebaliknya pasukan Stefano Cugurra Teco langsung melakukan tekanan gencar pada lima menit awal.

Novri memberikan ancaman pertama di menit ke 47. Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti ke arah tiang jauh, masih bisa ditepis keluar oleh kiper Home United dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Di menit ke 51, giliran Ramdani Lestaluhu yang mengancam gawang Home United. Sayang sundulannya meneruskan umpan Rezaldi masih mengarah tipis di atas mistar.

Sundulan Novri dari jarak dekat meneruskan umpan tendangan bebas Ismed pada menit ke-57 masih bisa diblok keluar oleh kiper Home United dan berbuah tendangan sudut untuk Persija.

Hingga menit ke-65 Persija masih terus aktif melakukan serangan memanfaatkan kecepatan Rico dan Ramdani. Namun usaha mereka masih sulit menembus pertahanan kokoh Home United yang tampaknya hanya bermain safe untuk mengamankan keunggulan.

Giliran Rico Simanjuntak memberikan ancaman maut di menit ke-71. Sayang bola tembakan kerasnya dari kanan kotak penalti masih menerpa sisi luar jala gawang Home United.

Pada sepuluh menit terakhir, serangan Persija mulai terlihat mengendur karena sudah kelelahan. Sementara Home United tidak terlihat ngotot mencari gol lagi. Tim tamu lebih banyak memainkan bola untuk mengulur waktu.

Tak ada gol yang tercipta hingga peluit akhir babak kedua berbunyi. Home Unted tetap unggul 3-1 dan lolos ke final Piala AFC Zona Asean dengan agregat gol 6-3.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta: Rizky Darmawan; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa, Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Home United: Rudy Khairullah; Juma’at Jantan, Abdil Qaiyyim, Shakir Hamzah, Aqhari Abdullah, Izzdin Shafiq, Anumanthan Kumar, Faizal Roslan, Shahril Ishak, Fazli Ayob, Song Ui-young.