Indonesia Menang Besar atas Thailand, Indra Sjafri Ungkap Rahasianya

Indra Sjafri

Timnas Indonesia U-19 berhasil membantai Thailand U-19 dengan skor meyakinkan 3-0 dalam laga ujicoba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10) malam WIB. Kemenangan itu sekaligus sebagai balasan atas kegagalan di semifinal Piala AFF U-18 di Myanmar pada 15 September lalu.

Dalam pertandingan di Piala AFF U-18, Indonesia kalah dari Thailand lewat adu penalti. Ketika itu Indonesia harus bermain 10 orang sepanjang babak kedua setelah Saddil Rhamdani diganjar kartu merah di menit akhir babak pertama.

Dalam pertandingan ujicoba di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (8/10) malam, Tim Garuda Muda benar-benar mendominasi permainan sejak menit pertama. Serangan gencar yang dibangun Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan terus mengancam gawang Thailand sepanjang 90 menit.

Tiga gol Indonesia dalam laga ini masing-masing dicetak oleh Witan Sulaiman di menit ke- 44, Syahrian Abimanyu di menit ke-79, dan Saddil Rhamdani di menit ke-85.

Dalam konferensi pers usai pertandingan, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengatakan puas dengan penampilan timnya. Dia mengatakan ada dua faktor kunci kemenangan timnya di laga ini. Yang pertama adalah permainan Indonesia sudah jauh lebih rapi dan terstruktur dibandingkan ketika mereka mengalahkan Kamboja 2-0 dalam laga ujicoba beberapa hari lalu.

Advertisement

Sedangkan faktor kedua, menurut Indra adalah adanya dukungan penuh dari para suporter. Kehadiran pendukung Indonesia yang berjumlah 12 ribu orang dinilai Indra Sjafri sangat membantu dalam meningkatkan semangat juang para pemain di lapangan.

“Sekarang kita main lebih rapi. Saya pikir pelan-pelan kita membentuk format ini, dan pelan-pelan juga membentuk format lain,” kata Indra kepada wartawan seusai pertandingan.

“Ini adalah pertandingan penuh gengsi. Tapi secara keseluruhan, saya puas dengan beberapa pemain, termasuk para pemain pengganti. Mereka bisa mengikuti instruksi.”

“Saya juga sangat kagum dengan para supoter. Saya enggak nyangka suporter hadir sebanyak itu. Dukungan ini jadi dukungan moral bagi kami,” jela Indra.