Marseille Suka Main Kasar, Final Liga Europa Akan Diwarnai Kartu Merah

Lucas Ocampos, pemain Marseille asal Argentina, dalam salah satu laga tim Perancis itu di Liga Europa.
Lucas Ocampos, pemain Marseille asal Argentina, dalam salah satu laga tim Perancis itu di Liga Europa.

Gilabola.com – Marseille adalah tim yang terbanyak terkena kartu kuning dan kartu merah di kompetisi Liga Europa musim ini. Jadi siap-siaplah melihat banjir kartu kuning atau bahkan kartu merah malam ini.

Malam ini di Stade de Lyon, Perancis, final Liga Europa akan mempertemukan Marseille vs Atletico Madrid. Simak beberapa fakta pertandingan berikut ini:

  • Ini adalah pertemuan pertama antara Marseille vs Atletico Madrid di kompetisi Eropa sejak musim 2008-2009, saat mana tim Spanyol itu tidak terkalahkan dalam dua leg laga babak grup Liga Champions (W1 D1).
  • Les Olympiens menargetkan diri menjadi tim Perancis pertama yang memenangkan kompetisi utama Eropa sejak 1995-96, ketika Paris St-Germain mengalahkan Rapid Vienna di Cup Winners’ Cup.
  • Ini akan menjadi final kompetisi Eropa keempat bagi Diego Simeone sejak mengambil alih posisi pelatih kepala di Atletico pada 2011-12. Si jenuis asal Argentina itu kalah dalam dua final Liga Champions, tetapi memenangkan satu-satunya final Liga Europa sebelumnya pada musim 2011-12.
  • Sejak dimulainya musim 2013-14, klub-klub Spanyol telah memenangkan tujuh dari delapan trofi Liga Champions dan Eropa yang tersedia, dengan kemenangan Manchester United di kompetisi ini musim lalu menjadi satu-satunya pengecualian.
  • Dalam laga-laga tandang jauh dari kandang mereka – Orange Velodrome – Marseille hanya berhasil mencatatkan satu kali gawang bersih dalam 16 pertandingan di Liga Europa.
  • Dimitri Payet telah membuat tujuh assist dalam 11 penampilan di Liga Europa musim ini; terbanyak dalam kompetisi ini.
  • Antoine Griezmann partisipan gol terbanyak dibandingkan semua pemain Atletico Madrid lainnya di kompetisi Eropa musim ini (10 – enam gol dan empat assist), termasuk satu gol dan satu assist dalam kemenangan agregat 2-1 mereka atas Arsenal di semi final.
  • Tidak ada tim yang menerima kartu kuning lebih banyak (30) atau kartu merah (3) dibandingkan Marseille di Liga Europa musim ini.

Bos Atletico Diego Simeone kena skorsing untuk pertandingan di Lyon ini setelah diusir wasit ke tribun penonton dalam laga leg pertama melawan Arsenal, sehingga asisten German Burgos akan mengambil alih tim dari pinggir lapangan.

“Itu sama saja seperti saat melawan Arsenal, German bertanggung jawab atas tim,” kata Simeone, seperti dikutip BBC. “Saya merasa sedih karena tidak berada di sana, tetapi kami sudah saling kenal untuk seumur hidup, dan kami memahami sepak bola dengan cara yang sama. Saya percaya sepenuhnya pada dia.”

Advertisement

Atletico sudah memastikan merebut satu tempat Liga Champions musim depan dengan finish empat besar di La Liga, tetapi Marseille, saat ini duduk di zona Liga Europa di Ligue 1 dengan satu pertandingan tersisa. Mereka bisa memastikan diri bergabung dengan Atletico di kompetisi klub utama Eropa itu dengan memenangkan trofi malam ini.