Ronaldo Terlempar Keluar 10 Besar Pemain Bola Paling Berharga

Meski menyabet penghargaan Ballon d’Or lima kali, ternyata Cristiano Ronaldo menempati peringkat ke-49 dalam daftar pemain sepak bola paling berharga di dunia.

Pesepak bola berusia 32 tahun itu berada di belakang Anthony Martial dan Nicolas Otamendi dalam daftar studi yang dirilis oleh CIES Football Observatory.

Posisi CR7 hanya lebih baik dibanding Fabinho yang ada di posisi ke-50 sebagai pemain paling berharga.

Sementara itu posisi pertama diambil oleh bintang Paris Saint-Germain Neymar, diikuti oleh striker Barcelona Lionel Messi di peringkat kedua. Posisi ketiga diisi oleh striker Tottenham Hotspur yang sedang naik daun dari segi jumlah golnya, Harry Kane.

Penilaian yang dikeluarkan tiap tahun di lima liga top Eropa ini mempertimbangkan banyak faktor, seperti usia, posisi, durasi kontrak, performa dan juga status di tim nasional masing-masing.

Advertisement

Tidak heran jika Neymar menduduki peringkat pertama sebab ia dibantu oleh transfer pada Agustus tahun lalu, yang menjadikannya sebagai pesepak bola termahal di seluruh jagad raya.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, nilai Neymar yang sebesar Rp 3,6 triliun malahan lebih besar dibanding yang dimiliki Ronaldo yang diyakini berharga Rp 1,3 triliun saja.

Sementara nilai pasaran Messi diyakini berada di angka Rp 3,4 triliun, lebih kecil dibanding mantan rekannya di Barcelona itu, meski performa La Pulga terbukti sangat dibutuhkan oleh Azulgrana musim ini.

Lima pemain yang berada di daftar 10 besar tersebut bermain untuk Liga Inggris, yaitu Harry Kane (Rp 3,3 triliun), Dele Alli (Rp 2,9 triliun), Kevin De Bruyne (Rp 2,8 triliun), Romelu Lukaku (Rp 2,7 triliun) dan Paul Pogba (Rp 2,5 triliun). Sedangkan Paulo Dybala menjadi wakil termahal dari Serie A, dengan harga di pasar transfer mencapai Rp 2,98 triliun.

Robert Lewandowski menjadi pesepak bola paling berharga di Liga Jerman dengan kisaran angka Rp 1,8 triliun, masih di atas nilai Cristiano Ronaldo.

Belum diketahui bagaimana penyerang Real Madrid itu bereaksi atas berita yang tidak terlalu menyenangkan ini.