AC Milan Bantah Bakal Tinggalkan San Siro

Stadion San Siro, Milan.

AC Milan tidak memiliki keinginan untuk hengkang dari Stadion San Siro walau walikota Milan Guiseppe Sala mengisyaratkan adanya pembangungan stadion anyar.

Stadion berkapasitas 80.000 kursi itu telah menjadi kandang bersama bagi Inter Milan dan AC Milan, dengan Rossoneri telah menjadikannya markas sejak tahun 1926.

Inter baru bermain di San Siro sejak 1947 dan hingga saat ini terus berbagi stadion itu bersama sang rival.

Seperti dikutip dari La Gazzeta, walikota Guiseppe Sala mengaku bahwa Milan mau meninggalkan San Siro dan membangun stadion anyar yang dimilikinya sendiri. Hal itu dikutip dari sebuah wawancara bersama Sky Sports Italia.

Sala yakin Milan akan membangun markas anyar di daerah tenggara kota Milan dan pihaknya telah memberikan waktu selama dua hingga tiga bulan bagi para petinggi klub untuk berpikir.

Advertisement

Namun bantahan keras muncul dari AC Milan, yang merasa tidak berniat untuk meninggalkan stadion ikonik seperti San Siro.

“Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh walikota Milan Guiseppe Sala, yang mengatakan bahwa AC Milan telah mengekspresikan keinginannya untuk mempunyai stadion sendiri dan bahwa Dewan Kota memberikan waktu untuk berpikir dalam mempertimbangkan lokasi di daerah-daerah kota, dengan tenggat waktu dua hingga tiga bulan untuk menemukan opsi yang ada, AC Milan menegaskan bahwa klub tidak pernah memiliki niatan untuk meninggalkan San Siro,” bunyi pernyataan resminya.

“Walaupun AC Milan mempertimbangkan pentingnya bagi masa depan untuk bermain di stadion sendiri, dan tidak berbagi markas dengan klub lain, keputusan yang bisa menjadi masa depan fasilitas olahraga bagi tim-tim asal kota Milan bisa diambil dalam waktu yang cukup dan dengan kesepakatan penuh dari semua pihak.”

“Untuk alasan ini lah AC Milan, bersama-sama dengan Dewan kota, telah mulai melakukan pertemuan dan mengevaluasi area-area yang tersedia, dengan mempertimbangkan nilai San Siro dan kemungkinan memperbaiki stadion tersebut.”

“Dengan kesimpulan ini, semua pihak yang terlibat akan bisa mengekspresikan evaluasi penuh dan pada akhirnya mengambil keputusan.”

Tahu bahwa AC Milan mengeluarkan pernyataan, Guiseppe Sala membalas melalui akun Twitter-nya.

“Saya mengetahui pernyataan Milan soal San Siro. Mari buat lebih sederhana: Saya berucap demikian demi kebaikan Milan, para suporternya, turis, [bahwa] stadion harus dimodernisasi.”

“Kapan kah Milan akan bicara kepada saya bahwa mereka siap atau tidak siap untuk berinvestasi bersama kami di stadion kami? Untuk jelasnya, undangan itu juga diberikan kepada Inter, sebab stadion itu kepunyaan masyarakat Milan.”

Sadar pihaknya disebut-sebut, Nerazzurri langsung mengingatkan Sala perihal kontribusi yang diberikan Inter selama ini.

“Kepada Sala, seperti yang Anda ketahui, kami menginvestasikan waktu dan sumber daya kepada stadion yang dimiliki masyarakat Milan. Niatan kami sudah diketahui publik dan tidak berubah dalam 18 bulan,” tulis Inter pada akun Twitter-nya.

“Kami menunggu diskusi dengan semua pihak yang terlibat untuk membicarakan masalah ini demi meraih kejelasan.”