Kiper Milan Gianluigi Donnarumma Catat Rekor Dalam Sejarah Serie A

Kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma catat rekor jadi pemain termuda dalam sejarah yang mencapai 100 penampilan di Serie A.
Kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma catat rekor jadi pemain termuda dalam sejarah yang mencapai 100 penampilan di Serie A.

Berita Bola – Keberhasilan AC Milan menahan imbang Napoli 0-0 dalam laga Serie A di San Siro, Minggu (15/4), juga ditandai dengan sebuah rekor bersejarah yang dibukukan oleh kiper Rossoneri, Gianluigi Donnarumma.

Pertandingan di pekan ke-32 Serie A musim 2017-18 ini, merupakan penampilan ke-100 dari Gianluigi Donnarumma di ajang Serie A. Penampilan ke-100-nya itu merupakan sebuah rekor.

Menurut laporan Football Italia, Donnarumma berusia 19 tahun, 1 bulan, dan 21 hari saat menjaga gawang AC Milan dalam laga ini. Dengan demikian dia menjadi pemain termuda yang berhasil mencapai 100 penampilan di ajang Serie A Italia sepanjang sejarah.

Gigio, panggilan akrab Donnarumma melampaui rekor para legenda Italia yang pernah mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang mencapai penampilan ke-100 di Serie A, seperti Gianni Rivera, Silvio Piola, Roberto Mancini, Paolo Maldini dan Francesco Totti.

Donnarumma juga dua tahun lebih muda dari capaian seniornya di Timnas Gianluigi Buffon, yang baru mencapai penampilan ke-100 di ajang Serie A pada usia 21 tahun dan 100 hari pada tahun 1999.

Advertisement

Donnarumma merupakan jebolan akademi sepakbola Milan. Ia kemudian masuk dalam skuat senior Milan musim 2015/2016. Saat itu, Donnarumma mampu mengggeser tempat utama di bawah mistar I Rossoneri, yang sebelumnya diperebutkan dua kiper senior, Diego Lopez dan Christian Abbiati.

Ia menjadi kiper pilihan pertama yang tak terbantahkan di Milan sejak debutnya, pada 25 Oktober 2015, melawan Sassuolo. Ia berusia 16 tahun dan tepat delapan bulan ketika memulai debutnya.

Hampir tiga musim membela panji Tim Merah-Hitam, Donnarumma sudah tampil dalam 117 pertandingan di semua ajang. Donnarumma juga ikut mengantar Milan juara Piala Supercopa Italia pada 2016.