Hasil Liga Champions: Lima Tim Inggris Lolos ke 16 Besar

Inggris mencatatkan rekor sebagai negara pertama yang meloloskan lima tim ke babak 16 besar Liga Champions. Empat di antaranya jadi juara grup.

Lima klub Inggris, yaitu Manchester United, Manchester City, Liverpool, Tottenham dan Chelsea lolos ke babak 16 besar.
Lima klub Inggris, yaitu Manchester United, Manchester City, Liverpool, Tottenham dan Chelsea lolos ke babak 16 besar.

Inggris menempatkan wakil terbanyak di babak 16 besar Liga Champions musim 2016-17 ini. Sebanyak lima klub dari Liga Primer Inggris berhasil masuk ke fase knock-out ini setelah mencatat hasil gemilang di penyisihan grup.

Hebatnya lagi, empat dari lima klub Inggris itu lolos ke 16 besar sebagai juara grup, dan hanya satu yang menjadi runner-up. Mereka yang tampil sebagai juara grup adalah, Manchester United, Liverpool, Manchester City dan Tottenham Hotspur. Sedangkan yang jadi runner up adalah Chelsea.

Manchester United menjadi juara Grup A usai mengalahkan CSKA Moscow 2-1 di laga terakhir, Rabu (6/12) dini hari WIB. Sedangkan Liverpool menjadi juara Grup E setelah membantai Spartak Moskow dengan skor 7-0, Kamis (7/12) dinihari WIB di Anfield.

Manchester City memimpin di Grup F dengan nilai 15, meski dalam laga terakhir pada Kamis (7/12) dini hari WIB, mereka menyerah kalah 1-2 kepada tuan ruma Shakhtar Donetsk. Sementara Tottenham Hotspur mengunci posisi sebagai juara Grup H berkat kemenangan 3-0 atas APOEL Nicosia dini hari tadi.

Adapun Chelsea, terpaksa duduk di posisi runner-up Grup C setelah dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Atletico Madrid, Rabu (6/12) dini hari WIB. The Blues kalah head to head dengan AS Roma yang menjadi juara grup.

Menurut situs statistik Opta keberhasilan empat tim Inggris ada di posisi teratas grup Liga Champions merupakan yang pertama sejak musim 2006/2007. Selain itu Inggris juga menjadi negara pertama yang meloloskan sebanyak lima tim, yang menempatkan lima wakil di fase gugur Liga Champions.

Berikut adalah 16 klub yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions :

Grup A
1 Manchester United (Inggris)
2 Basel (Swiss)
Grup B
1 Paris Saint Germain (Prancis)
2 Bayern Munchen (Jerman)
Grup C
1 AS Roma (Italia)
2 Chelsea (Inggris)
Grup D
1 Barcelona (Spanyol)
2 Juventus (Italia)
Grup E
Liverpool (Inggris)
2 Sevilla (Spanyol)
Grup F
1 Manchester City (Inggris)
2 Shakhtar Donetsk (Ukraina)
Grup G
1 Besiktas (Turki)
2 FC Porto (Portugal)
Grup H
1 Tottenham Hotspur (Inggris)
2 Real Madrid (Spanyol)

Sepakbola.cc