Kalah Dari Shakhtar, Guardiola Malah Senang

Meski kalah untuk pertama kalinya di musim ini, Josep Guardiola mengaku senang dengan penampilan para pemain muda Manchester City.

Pep Guardiola tetap senang meski Manchester City menelan kekalahan pertama musim ini saat bertandang ke Shakhtar Donetsk, Kamis (7/12) dini hari WIB.
Pep Guardiola tetap senang meski Manchester City menelan kekalahan pertama musim ini saat bertandang ke Shakhtar Donetsk, Kamis (7/12) dini hari WIB.

Shakhtar Donetsk menjadi tim pertama yang mampu mengalahkan Manchester City di musim ini. Mereka mengalahkan tim besutan Pep Guardiola dengan skor 2-1 dalam laga Liga Champions, Kamis (7/12) dini hari WIB.

Bertandingan di Stadion Metalist, Ukraina, tim tuan rumah mencuri dua gol di babak pertama melalui Bernard Caldeira (26′) dan Ismaily Goncalves (32′).

Satu-satunya gol The Citizen dibuat di masa injury time (90+2) melalui tendangan penalti Sergio Aguero, namun kekalahan pertama sejak April 2017 ini tidak terelakkan.

Pep Guardiola menurunkan tim lapis kedua di laga ini. Dia menurunkan Tosin Adarabioyo, Brahim Diaz serta Phil Foden yang masih berusia belia di antara sejumlah pemain senior City.

Foden dan Diaz berulang kali menciptakan ancaman bagi lini belakang Shakhtar dan Guardiola pun merasa puas meski gagal mencatatkan kemenangan sempurna di fase grup.

“Selamat untuk mereka (Shaktar) tapi kami juga demikian (lolos ke babak 16 besar),” ujar Guardiola pada BT Sport.

“Kami memulai laga dengan baik tapi mereka mampu melakukan serangan baik untuk gol pertama. Kami tidak bertahan dengan baik untuk gol kedua tapi kami berusaha.”

“Saya cukup puas dengan Tosin, Brahim dan Phil karena bisa tampil baik melawan tim penuh bintang seperti Shakhtar. Kami datang ke sini dengan tujuan meraih kemenangan namun kami gagal. Tapi setidaknya kami berusaha.”

“Kami sempat tertinggal 2-0 namun kami berusaha. Kami sedikit mengubah (permainan) dan menciptakan beberapa ruang tapi mereka bertahan di belakang. Setidaknya kami berhasil (ke babak berikutnya) dan saya puas dan senang dengan penampilan tim.”

Keluar sebagai juara grup, artinya Manchester City bisa saja bertemu dengan Juventus, Real Madrid dan Bayern Munchen di babak 16 besar. Tapi Josep Guardiola tidak takut.

“Di situasi seperti ini selalu terjadi (spekulasi soal lawan berikutnya). Pengundiannya Senin nanti tapi itu tergantung bagaimana tim permainan tim saat nanti (kala bersua),” tambahnya, yang mencoba mentaksir kekuatan lawan.

“Mungkin Anda bermain baik hari ini dan buruk di Februari, atau pun sebaliknya. Anda tidak akan pernah tahu.”

“Sekarang kami akan beristirahat dan besok kembali berlatih untuk bersiap melakoni pertandingan melawan Manchester United.”

Sepakbola.cc