Liga Champions Bisa Ada Kejutan Gak Malam Ini?

Masih mungkin ada kejutan di Liga Champions malam ini, terutama Grup E (Liverpool, Sevilla), Grup F (Napoli, Donetsk), dan Grup G. Begini penjelasannya.

Philippe Coutinho (LIverpool No 10) melepaskan tembakan ke gawang Spartak Moscow, sementara rekan Brasilnya, Roberto FIrmino, mengamati
Philippe Coutinho (LIverpool No 10) melepaskan tembakan ke gawang Spartak Moscow, sementara rekan Brasilnya, Roberto FIrmino, mengamati

Kejutan paling besar bisa terjadi di Grup E Liga Champions. Liverpool, Sevilla, dan Spartak Moscow berebut jatah dua tempat teratas.

Skenarionya seperti ini. Liverpool akan lolos sebagai juara Grup E jika berhasil menang atas Spartak malam ini di Anfield. Tak heran jika Juergen Klopp menurunkan skuad terkuatnya. Minimal hasil draw akan membawa mereka lolos, tapi puncak grup bisa dirampas oleh Sevilla.

Klub Spanyol itu akan lolos jika mereka menang atas tim terlemah, Maribor. Draw mungkin cukup jika Spartak di jam yang sama gagal mengalahkan Liverpool. Terlalu berisiko, jadi Sevilla pasti mengejar kemenangan. Posisi juara Grup E juga akan memberi hadiah bagi Sevilla terhindar dari juara-juara grup lainnya di babak 16 besar, dan hanya menghadapi kemungkinan Bayern Munchen serta Juventus sebagai calon lawan terberat.

Spartak bisa lolos ke 16 besar jika menang di Anfield malam ini. Teman lolosnya tergantung hasil yang diperoleh Sevilla. Jika tim La Liga ini menang dan tim Rusia itu menang maka mereka berdua yang pergi ke babak selanjutnya dan Liverpool tersingkir. Spartak dan The Reds sama poin tapi tim asal Moscow itu unggul poin head-to-head. Itulah skenario yang paling mengejutkan malam ini, meski kecil kemungkinannya.

Hasil apa pun yang kurang dari tiga poin akan mengirim Spartak main di Liga Europa. Sementara menyangkut Maribor, gak usah dibahaslah ya.

Di Grup H Liga Champions, Real Madrid dan Tottenham Hotspur sudah tak akan memberi kejutan. Selisih poin keduanya dengan penghuni lain sudah terlalu jauh.

Hal terjauh yang bisa terjadi di Grup H paling-paling adalah perebutan tempat ketiga. Borussia Dortmund akan berusaha menyelamatkan gengsi tim dengan berlaga di Liga Europa. Syaratnya: APOEL Nicosia harus kalah dari Tottenham Hotspur.

Jika hasilnya draw atau bahkan menang di Wembley, Dortmund harus mencatatkan poin dan lebih baik.

Grup F Liga Champions, apa pun hasil yang diperoleh Manchester City malam ini akan membawa mereka lolos sebagai juara grup. Tuan rumah Shakhtar Donetsk akan mati-matian berusaha tidak kalah dari skuad Pep Guardiola itu karena itulah syarat minimal mereka untuk lolos sebagai runner-up.

Sementara itu Napoli akan berdoa agar Donetsk kalah dan mereka menang atas Feyenoord. Hanya situasi semacam itu yang bisa membuat tim Serie A tersebut lolos ke 16 besar Liga Champions.

Grup G, klub asal Turki Besiktas sudah tak terkejar sebagai juara grup, apa pun hasilnya malam ini. Perebutan sesungguhnya terjadi antara RB Leipzig dan Porto.

Jika Besiktas kalah dari RB Leipzig dan di saat yang sama Porto kalah dari AS Monaco maka tim Bundesliga itu menemani klub Turki ke babak 16 besar.

Bagaimana jika Leipzig menang dan Porto menang? Kedua tim sama-sama meraih 11 poin. Maka harus dilihat head-to-head kedua tim itu. Keduanya sama-sama memperoleh tiga poin masing-masing untuk H2H, tapi secara skor, Porto lebih unggul dengan agregat 5-4 atas Leipzig. Klub Portugal itulah yang akan menjadi runner up.

Leipzig butuh menang atas Besiktas dan di saat yang sama Porto gagal mengalahkan Monaco (kalah atau draw). Jika Porto sampai kalah dari Monaco maka hasil draw saja di Red Bull Arena sudah cukup.

Sepakbola.cc