Sengaja Cari Hukuman Bukan Kasus Pertama Real Madrid

Real Madrid dihukum gara-gara sengaja cari kartu kuning. Tapi ini bukan kasus pertama. Pernah terjadi di zaman Jose Mourinho. Pelakunya bahkan lima orang.

Manajer Real Madrid Jose Mourinho tampak merancang kartu merah bagi Sergio Ramos dan Xabi Alonso pada laga Liga Champions melawan Ajax.
Manajer Real Madrid Jose Mourinho tampak merancang kartu merah bagi Sergio Ramos dan Xabi Alonso pada laga Liga Champions melawan Ajax.

Bek Dani Carvajal baru saja dihukum UEFA untuk kasus sengaja mencari-cari kartu kuning. Namun hal yang sama ternyata pernah dilakukan Real Madrid di masa lalu. Bahkan yang terlibat lebih banyak lagi.

Dani Carvajal sengaja mengulur-ulur waktu di akhir laga APOEL vs Real Madrid 21 November lalu, yang berkesudahan 0-6. Wasit Artur Dias asal Portugal menjatuhkan hukuman kartu kuning.

Sanksi itu menyebabkan Carvajal tak bisa turun di laga melawan Borussia Dortmund pada laga pamungkas Grup H, kemarin. Tapi itu tak jadi masalah karena sudah tak menentukan apa-apa lagi. Real Madrid sudah pasti lolos kok ke babak 16 besar, meski cuma runner-up.

Malah, posisi Carvajal untuk 16 besar Liga Champions menjadi aman. Statistik kartu kuningnya balik lagi jadi nol.

UEFA mencium kecurangan ini dan menjatuhkan satu skorsing tambahan. Dia tak boleh turun di laga leg pertama 16 besar, dengan Los Blancos mungkin akan berhadapan dengan salah satu raksasa Liga Inggris, selain PSG, AS Roma dan Besiktas.

Namun hal yang sama pernah terjadi di masa lalu. Coba diingat-ingat.

Pada tahun 2010, Real Madrid pernah dinyatakan bersalah karena memprovokasi skorsing. Pelakunya adalah Xabi Alonso dan Sergio Ramos dalam kemenangan 4-0 di kandang Ajax. Gara-gara kartu merah, mereka berdua tak bisa turun bermain untuk pertandingan yang tidak berarti lagi melawan Auxerre. Namun mereka berdua bersih untuk pertandingan 16 besar Liga Champions

Kedua pemain ini lolos dari skorsing tambahan, namun kena denda masing-masing sekitar Rp 300 juta. Pelatih Jose Mourinho juga dijatuhi skorsing satu pertandingan karena menjadi sutradara aksi curang tersebut.

Kiper Iker Casillas dan kiper cadangan Jerzy Dudek juga dijatuhi denda oleh UEFA, setelah mereka tertangkap kamera meneruskan pesan dari sang manajer ke tangan Alonso dan Sergio Ramos.

Nah, rupanya cara yang sama hendak dilakukan terhadap Dani Carvajal yang sudah kena akumulasi kartu kuning. Daripada tak bisa membela Real Madrid di laga 16 besar, mending dia dikorbankan di laga kurang penting melawan Dortmund. Eh, ketahuan!

Baca Juga:
Sepakbola.cc