Ada Muhammad Ali junior di cabang tenis

6

Nama Jo-Wilfried Tsonga tiba-tiba saja naik daun lantaran dia berhasil melaju ke final Grand Slam Australia Open 2008. Sebelumnya ia mengalahkan petenis no 1 Spanyol, Rafael Nadal di semifinal. Dia juga makin populer karena kemiripannya dengan mantan bintang tinju dunia, Muhammad Ali. Begitu namanya melejit di berbagai media cetak, orang pun lantas penasaran seperti apa […]

Nama Jo-Wilfried Tsonga tiba-tiba saja naik daun lantaran dia berhasil melaju ke final Grand Slam Australia Open 2008. Sebelumnya ia mengalahkan petenis no 1 Spanyol, Rafael Nadal di semifinal.

Dia juga makin populer karena kemiripannya dengan mantan bintang tinju dunia, Muhammad Ali. Begitu namanya melejit di berbagai media cetak, orang pun lantas penasaran seperti apa petenis asal Prancis ini? Setelah melihatnya, ooo…ternyata dia mirip dengan mantan petinju Muhammad Ali.

Keberhasilannya meraih tiket ke final Australia Open juga sekaligus catat sejarah sejak 80 tahun terakhir belum ada lagi petenis Prancis yang berprestasi ke final Grand Slam.

Prestasinya di Grand Slam Australia Open sebelumnya hanya sampai babak pertama di tahun 2007. Ia juga bermain di ganda putra berpasangan dengan Sebastien Grosjean di Australia Open 2007, tapi juga hanya sampai babak pertama.

Cowok kelahiran 17 April 1985 ini mengawali karir tenis profesionalnya di tahun 2004. Saat mengikuti Australia Open, ia berada di peringkat 38 dunia nomor tunggal putra dan di nomor ganda putra ia di peringkat 89. Kemungkinan peringkatnya di nomor tunggal bakal naik ke 20 besar setelah ia mencapai final Australia Open. (ai)

Hasil lengkap Australia Open 2008:
Tunggal putra : Novak Djokovic (Serbia) vs Jo-Wilfried Tsonga (Prancis) 4-6 6-4 6-3 7-6
Tunggal putri: Maria Sharapova (Rusia) vs Ana Ivanovic (Serbia) 7-5 6-3
Ganda putra: J. Erlich/Andy Ram (ISR) vs Arnauld Clement/Michael Llodra (Prancis) 7-5 7-6
Ganda putri: Alona Bondarenko/Kateryna Bondarenko (Ukraina) vs Victoria (Belarusia)/ShararPeer (ISR) 2-6 6-1 6-4
Ganda campuran: Tiantian Sun (Cina)/Nenad Zimonjic (Serbia) vs Sania Mirza/Mahesh Bhupati (India) 7-6 6-4