Berita F1: Carlos Sainz Dihukum Mundur Tiga Posisi

  • Pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz, dijatuhi hukuman mundur tiga posisi saat start di grand prix berikutnya di Baku, Azerbaijan. Mengapa?

Carlos Sainz Junior

Berita F1 – Pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz, terkena hukuman mundur tiga posisi start untuk Grand Prix Azerbaijan karena menyebabkan tabrakan di GP Kanada pada hari Minggu lalu.

Steward berkesimpulan sang pembalap Spanyol itu melakukan langkah berbahaya yang menyebabkan tabrakan dengan Haas Romain Grosjean sebelum dia kemudian menabrak mobil Williams yang dikemudikan Felipe Massa dan membuat pembalap Brasil itu keluar dari lomba.

Sainz sudah menerima kesalahannya, dan meminta maaf pada para saingannya via Twitter.

“Permintaan maaf kepada @RGrosjean dan sebagai konsekuensinya @MassaFelipe19 Romain berada di blind spot dan saya tidak melihatnya. Senang bahwa kita semua baik-baik saja,” katanya.

Steward memutuskan bahwa sementara tabrakan itu bukan disebabkan oleh tindakan yang disengaja, Sainz telah membuat “asumsi ceroboh dan berpotensi berbahaya” bahwa tidak ada mobil di sampingnya sehingga dia dapat memindahkan posisi dengan aman.

Carlos Sainz Vazquez de Castro (lahir 1 September 1994) adalah pembalap Formula 1 asal Spanyol dan putra mantan Juara Reli Dunia, Carlos Sainz. Pada tahun 2012 Sainz berlomba di kejuaraan Formula 3 Inggris dan Eropa untuk tim Carlin. Dia pindah ke F1 bersama Toro Rosso mulai tahun 2016.

Pada kejuaraan F1 musim 2017 ini, Carlos Sainz Junior berada di urutan kesembilan klasemen pembalap, mengoleksi 25 poin, tanpa satu kali pun naik podium sejauh ini.