Irene Sukandar: Catat sejarah juara catur Asia

13

Pecatur wanita Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, berhasil menjuarai Asian Continental Chess Championship atau Kejuaraan Catur Asia yang berlangsung di Ho Chi Minh City, Vietnam, 5-13 Mei 2012. Gelar juara diraih Irene setelah ia berhasil menaklukkan pecatur terbaik India, Eesha Karavade, di babak kesembilan atau terakhir, sementara pesaingnya, pecatur India, Mary Ann Gomez, kalah dari pecatur […]

Pecatur wanita Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, berhasil menjuarai Asian Continental Chess Championship atau Kejuaraan Catur Asia yang berlangsung di Ho Chi Minh City, Vietnam, 5-13 Mei 2012. Gelar juara diraih Irene setelah ia berhasil menaklukkan pecatur terbaik India, Eesha Karavade, di babak kesembilan atau terakhir, sementara pesaingnya, pecatur India, Mary Ann Gomez, kalah dari pecatur China, Tan Zhongyi.

Dengan keberhasilan ini maka pecatur berusia 20 tahun ini menjadi satu-satunya pecatur Indonesia yang berhasil juara di Asian Continental Chess Championship selama 11 kali penyelenggaraannya. Dengan gelar ini pula, Irene berhasil lolos ke Kejuaraan Dunia Catur Wanita pada 2015 mendatang. Prestasi inipun menjadi sejarah karena dia menjadi pecatur wanita pertama Indonesia yang tampil di kejuaraan dunia. Prestasi tertinggi Irene di tingkat Asia sebelumnya hanyalah peringkat keempat.