Olimpiade 2012: Angkat Besi sumbang perak untuk IndonesiaIndonesia akhirnya berhasil meraih medali perak di ajang Olimpiade 2012 London. Medali perak itu didapat dari cabang olahraga angkat besi melalui lifter putra Triyatno.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Excel London, Rabu (1/8) pagi WIB, Triyatno yang turun di kelas 69 kilogram berhasil membukukan total angkatan seberat 333 kilogram dan menduduki peringkat kedua.

Pada angkatan snatch, Triyatno tampil kurang meyakinkan karena hanya mampu mengangkat beban seberat 145 kg. Tapi, pada saat angkatan clean and jerk, ia secara dramatis berhasil mengangkat beban seberat 188 kg pada kesempatan ketiga atau terakhir.

Medali emas di kelas 69 kilogram ini diraih oleh lifter Cina, Lin Qingfeng, yang membukukan total angkatan 344 kg. Sementara medali perunggu direbut lifter Romania, Martin Razvan Constantin, dengan angkatan seberat 332 kg.

Bagi kontingen Indonesia, ini merupakan medali kedua yang berhasil diraih setelah sehari sebelumnya satu medali perunggu berhasil disabet juga dari cabang angkat besi melalui lifter Eko Yuli Irawan di kelas 56 kilogram.

Bagi Triyatno dan Eko, ini merupakan medali kedua yang mereka raih di ajang Olimpiade. Pada Olimpiade 2008 di Beijing, kedua lifter ini masing-masing meraih medali perunggu.

Jika dirunut ke belakang, cabang angkat besi merupakan cabang yang paling konsisten mempersembahkan medali bagi Indonesia di arena Olimpiade. Sejak Olimpiade 2000, angkat besi selalu meraih medali.

Berikut datanya:
Olimpiade 2000:
1. Perak, lifter Lisa Rumbewas, kelas 48 kg putri
2. Perunggu, lifter Sri Indriyani, kelas 48 kilogram putri
3. Perunggu, lifter Winarni Binti Slamet, kelas 53 kg putri

Olimpiade 2004:
1. Perak, lifter Lisa Rumbewas, kelas 53 kilogram

Olimpiade 2008:
1. Perunggu, lifter Tiryatno, kelas 62 kilogram
2. Perunggu, lifter Eko Yuli Irawan, kelas 56 kilogram

1 KOMENTAR

  1. kita dukung terus lifter atlet angkat besi di olimpiade 2012 di london masih ada harapan lagi menyumbangkan medali di olimpiade london kita dukung dalam doa agar bisa menyumbangkan emas bagi INDONESIA MAJU TERUS kami semua warga Indonesia akan mendoakan kalian JBU

TINGGALKAN KOMENTAR