Penyebab Alexa Rank Turun Dan Cara Memperbaikinya

Berikut ini adalah jawaban mengenai mengapa Alexa Rank blog atau website anda turun di tahun 2014 ini dan cara memperbaiki agar blog atau website anda kembali berada di ranking ke titik terbaik.

Xtra Time  - Penyebab Alexa Rank Turun Dan Cara Memperbaikinya
Penyebab Alexa Rank Turun Dan Cara Memperbaikinya

Berikut ini adalah jawaban mengenai mengapa Alexa Rank blog atau website anda turun di tahun 2014 ini dan cara memperbaiki agar blog atau website anda kembali berada di ranking ke titik terbaik.

Mungkin anda pernah mengalami apa yang pernah kami alami, website atau blog anda mencapai titik tertinggi pada Alexa Rank, namun secara tiba-tiba dan sitematik Alexa rank anda turun drastis.

Nah, sebelum kami membahas lebih lanjut, mungkin kita perlu memahami terlebih dahulu apa sih itu Alexa? Dan seberapa pentingkah Alexa Rank bagi blog atau website kita? Dan apa pengaruhnya?

Apa sih Alexa Rank Dan Seberapa Pentingkah Bagi Blog Atau Website Kita

Oke, kita mulai dari yang pertama, apa sih itu Alexa? Alexa.com adalah sebuah situs web pencatat trafik semua website yang ada di seluruh dunia dengan memberikan peringkat berupa angka alexa atau biasa disebut “alexa rank” kepada masing-masing website berdasarkan trafik pengunjung dan beberapa komponen yang dimilikinya.

Lalu seberapa pentingkah Alexa Rank bagi blog atau website kita? Jawabannya tergantung 🙂 yup tergantung apakah kita akan menggunakan data dari Alexa Rank tersebut. Seperti misalnya, kita ingin menjual blog atau website kita kepada investor ataupun agency iklan yang menawarkan memasang iklan di situs kita secara langsung. Ini karena beberapa investor maupun agency iklan masih menggunakan Alexa Rank sebagai tolok ukur popularitas sebuah blog atau website.

Dan ini berimbas/berpengaruh kepada penilaian terhadap blog atau website yang kita miliki. Apabila sang investor ataupun agency iklan masih berpatokan pada Alexa Rank, bisa jadi saat ranking Alexa kita jeblok bakal dinilai murah.

Cara Alexa.com Memberikan Ranking Terhadap Sebuah Blog Atau Website

Banyak yang berpendapat bahwa Alexa.com menggunakan metoda atau rumus atau algoritma atau apapun itu untuk menilai ranking sebuah website atau blog. Sebenarnya jawabannya sangat mudah, Alexa.com HANYA (catat nih yah!) … HANYA menilai jumlah pengunjung dari toolbar ataupun addon/plugin mereka di browser pengunjung. Apaan tuh? Yup, Alexa.com hanya menghitung pengunjung ke blog/situs kita yang di browser mereka tertanam toolbar Alexa atau plugin Alexa.

Contohnya adalah toolbar Alexa untuk Mozilla dan Internet Explorer seperti yang kami miliki ini. Ataupun juga untuk Chrome ada di Web Store Google.

 

Lalu bagaimana dengan pengunjung situs kita yang tak memiliki toolbar Alexa atau plugin Alexa di browser mereka …. jawabannya … ya tak dihitung!

Lalu bagaimana bila pengunjung saya menggunakan browser selain yang disebut di atas, seperti Safari dan Opera? Jawabannya sama … tak dihitung!

Alexa vs Mobile Traffic

Lebih parah lagi, cara yang digunakan Alexa menurut kami sudah ketinggalan jaman. Mengapa? Dahulu kala saat internet masih booming yang pertama di tahun 2000an, mungkin masih masuk akal menggunakan patokan Alexa (50% akurat), namun kini? Ada yang namanya pengunjung via mobile alias hape alias handphone alias smartphone atau apapun anda menyebutnya.

Ya, Alexa TIDAK menghitung pengunjung yang menggunakan mobile browser!

Kenyataannya, seperti di Indonesia di mana pengguna layanan internet 70% kini menggunakan gadget mereka untuk browsing internet, atau pengunjung blog/situs kita yang sebagian besar juga adalah pengunjung mobile, jelas akan berdampak buruk bagi Alexa Rank kita. Kami juga yakin bahwa saat ini dan kemudian hari, jumlah pengguna internet yang menggunakan PC di seluruh dunia pasti lebih sedikit dari mobile.

Entah kapan pihak Amazon yang kini memiliki Alexa.com akan memperbaiki hal ini.

Nah namun ada yang lebih ‘ajib’ lagi nih, bagaimana dengan aplikasi atau situs yang benar benar menggunakan gadget atau jaringan mobile bagi layanan mereka? Seperti contoh Twitter, Whatsapp, Line dll … bagaimana homepage Twitter bisa memperoleh peringkat super tinggi di Alexa padahal semua penggunanya mungkin 90% adalah pengguna mobile??? Ini nih yang tak masuk akal 🙂 Beberapa pengamat sudah pernah menanyakan hal ini namun seperti biasa … tak ada jawaban.

Cara Memperbaiki Alexa Rank Blog Atau Website

Apabila anda benar benar membutuhkan Alexa Rank sebagai patokan situs anda, itu tak ada salahnya. Beberapa investor maupun agency iklan masih berpatokan pada Alexa Rank. Nah apabila ranking Alexa anda sedang mengalami penurunan, anda dapat mencoba beberapa langkah berikut ini meski bukan jaminan bakal langsung naik yah:

  1. Pasang widget Alexa di situs anda
  2. Sarankan agar pengunjung situs anda menginstall Alexa plugin di browser mereka.
  3. Alexa toolbar sudah tidak bisa jadi lupakan ini, namun bagi anda yang sudah punya, toolbar ini tetap bisa digunakan.
  4. Bikin Konten/artikel sebanyaknya … bagaimanapun juga … CONTENT IS THE KING! (Yang berkualitas loh yah, jangan asal kopas!)
  5. Aktif di forum webmaster, kenapa? Ya mikir gampangnya, webmaster pasti juga banyak yang mikirin alexa, dan mereka sebagian besar sudah ada plugin alexa di browser mereka.
  6. SEO di semua bidang, baik artikel maupun blog/website anda.
  7. SMO dan berbagi artikel anda di sosial media populer.

Paling tidak itu adalah beberapa poin terpenting dari puluhan tips yang banyak disarankan.

Namun kalau mau cara yang ga pake keringet nih … beli aja traffic lokal Alexa, banyak kok yang jual hehehhe (Inget, traffic Alexa loh yah, bukan traffic biasa seperti boost visit pake adf.ly, bakal di banned nanti sama Adsense)

Jadi … Pentingkah Alexa Rank bagi blog atau situs kita? Ya kembali jawabannya adalah tergantung. Namun hari gini masih berpatokan kepada Alexa? Hmmmm, bukankah lebih baik kejar traffik tinggi dan dapat uang dari iklan sebanyaknya???

Yang perlu sekali lagi diingat kenyataan pahit tentang Alexa:

  1. Alexa Rank tidak dipengaruhi oleh perubahan Algoritma Google!
  2. Alexa Rank tidak menghitung jumlah pengunjung mobile
  3. Alexa Rank tidak menghitung dari pengunjung yang browsernya tidak ada plugin/addon/extension Alexa

Bagi anda yang masih yakin dengan Alexa, ada baiknya mencoba alternatif lain seperti Similarweb.com yang kami rasa lebih … masuk akal 🙂