Nama Lengkap : Gareth Frank Bale
Tanggal Lahir : 16 Juli 1989
Tempat Lahir : Cardiff, Wales
Tinggi : 1.86 m
Posisi Bermain : Gelandang sayap
  Gelandang serang

 

Profil Pemain Bola: Gareth BaleGareth Frank Bale adalah pemain sepak bola profesional yang berasal dari Wales, Britania Raya yang bermain untuk Real Madrid dan tim nasional Wales, posisi bermain Bale sebagai gelandang sayap atau gelandang serang. Bale lahir pada 16 Juli 1989 di Cardiff, Wales. Ayahnya bernama Frank, berprofesi sebagai kepala sekolah, dan ibunya bernama Debbie, berprofesi sebagai manajer operasional. Bale adalah keponakan dari mantan pemain sepak bola Cardiff City Chris Pike.

Bale memulai karier di akademi Southampton pada tahun 2005. Pada musim 2006–2007, ia dipromosikan ke skuat tim utama Southampton. Kemudian Bale bergabung dengan Tottenham pada Mei 2007, dengan menandatangani kontrak empat tahun.

Pada September 2013, Bale bergabung ke Real Madrid dengan menandatangani kontrak enam tahun. Bale pun menjadi pemain termahal di dunia, dengan biaya transfer sebesar £85,3 juta.

Sejak bulan Mei 2006, Bale memperkuat timnas Wales. Hingga Oktober 2011, Bale telah mencetak 10 gol dalam 39 kali penampilan.

Awal Karier Gareth Bale

Bale bersekolah di Eglwys Newydd Sekolah Dasar di kota Whitchurch. Di sekolah ini, ia pertama kali datang ke Southampton pada usia sembilan, ketika ia bermain di turnamen six-a-side dengan klub pertamanya, Cardiff Civil Service Football Club. Bale mengasah bakan sepakbolanya bersama-sama dengan georgejetson dan legenda Manchester United Ryan Giggs.

Kemudian Bale masuk Sekolah Tinggi di Cardiff Whitchurch. Bale merupakan seorang atlet yang tajam dan bermain sepak bola bersama kapten Wales Sam Warburton, rugby, hoki dan unggul dalam olahraga atletik. Saat berusia 14 tahun ia pernah berlari sprint 100 meter dalam 11,4 detik. Karena keahlian unggul sepakbola, sekolah guru PE, Gwyn Morris, harus menulis aturan khusus untuk Bale, ia dibatasi untuk bermain satu sentuhan sepak bola dan tidak menggunakan kaki kirinya. Di Whitchurch, Bale dilatih di akademi satelit Southampton di Bath, meskipun pada awalnya diragukan beberapa jika Southampton akan memberinya beasiswa karena tinggi badannya.

Sementara, di Whitchurch, Bale diragukan mendapat beasiswa dari akademi satelit Southampton di Bath karena tinggi badannya, namun kenyataannya Bale dilatih di Southampton.

Pada saat usianya masih 16 tahun, Bale masuk di U-18, ia membantu mengangkat prestasi sekolah memenangkan Cardiff  & Vale Senior Cup. Pada musim panas 2005, dia meninggalkan sekolah dengan Grade A di PE antara hasil nya GCSE. Bale dianugerahi hadiah departemen PE untuk pelayanan kepada olahraga pada tahun terakhir di sekolahnya. Dalam presentasi, Morris berkomentar:

“Gareth memiliki tekad sengit untuk berhasil dan memiliki karakter dan kualitas untuk mencapai tujuan pribadinya Dia adalah salah satu orang paling tidak egois bahwa saya telah memiliki kesenangan untuk membantu mendidik..”

Kehidupan Pribadi Gareth Bale

Sejak SMA, Bale punya kekasih yang bernama Emma Rhys-Jones. Mereka pun tinggal bersama di London. Mereka punya seorang anak perempuan yang lahir pada 21 Oktober 2012 di Rumah Sakit University of Wales, Cardiff.

Karier Klub Gareth Bale

Southampton

Pada usia 16 tahun 275 hari, Bale menjadi pemain termuda kedua yang pernah bermain untuk Southampton, setelah Theo Walcott, 132 hari lebih muda, ketika ia melakukan debut dalam kemenangan 2-0 melawan Millwall pada 17 April 2006. Saat melawan Derby County pada 6 Agustus, Bale mencetak gol liga pertamanya dengan tendangan bebas, untuk skor 1-1. Skor akhir di Pride Park adalah 2-2.

Saat melawan Coventry City di St Mary,  ia kembali mencetak gol lewat tendangan bebas dalam permainan kedua tim di musim 2006-2007. Bale dikembangkan lebih lanjut reputasinya sebagai spesialis tendangan bebas ketika ia mencetak gol dari tendangan bebas melawan West Bromwich Albion. Pada 16 Desember 2006, jumlah gol Bale telah meningkat menjadi lima, berkat equalizer akhir melawan Sunderland dan tendangan bebas ke Hull City dan di kandang saat melawan Norwich City.

Bale memenangkan Penghargaan Carwyn James untuk Young Sports Personality of the Year, Wales BBC Sports pada Desember 2006 dan Football League Young Player of the Year pada 4 Maret 2007.

Pada 12 Mei 2007, merupakan pertandingan terakhirnya untuk Southampton itu di leg pertama play-off Championship semi-final melawan Derby County. Pada babak kedua Bale cedera, dan ia dicegah tampil di leg kedua secara total. Bale membuat 45 penampilan untuk Southampton, mencetak lima gol.

Tottenham Hotspur

Bale menandatangani kontrak empat-tahun dengan Tottenham Hotspur pada tanggal 25 Mei 2007. Spurs membayar awal £ 5.000.000 untuk Bale, berpotensi naik sampai £ 10 juta berdasarkan penampilan dan keberhasilan.

2007–2008

Pada Bale 12 Juli 2007, Bale memainkan pertandingan pertamanya bagi Spurs di pertandingan persahabatan melawan Athletic St Patrick, namun diganti pada menit ke-80. Pada 26 Agustus, dia membuat debut kompetitif nya untuk Tottenham Hotspur tandang melawan Manchester United. Bale mencetak gol pertamanya untuk Tottenham hanya dalam penampilam kedua Spurs, akhirnya imbang 3-3 dengan Fulham pada 1 September ketika ia menempel Robbie Keane, dibebankan bawah sayap kiri terlindung dan tenang slotted melewati kiper Antti Niemi. Saat melawan Arsenal di London Utara Derby, Bale mencetak gol lagi lewat tendangan bebas. Pada usia 18 tahun, ia mencetak gol di pertandingan kandang Piala Liga melawan Middlesbrough, membuat tiga gol. Di Piala UEFA, ia juga mengatur tujuan Spurs ‘melawan Anorthosis Famagusta.

2008–2009

Pada Agustus 2008, Bale menandatangani kontrak baru empat tahun dengan klub. Untuk musim 2008-2009 Bale diberi nomor 3. Kemudian, posisi Bale digantikan oleh Benoît Assou-Ekotto karena beberapa performa buruknya.

2009–2010

Setelah kalah bermain rekor 24 Premier League game untuk Spurs, akhirnya Bale terlibat dalam kemenangan Liga Premier melawan Burnley pada 26 September 2009. Pada Juni 2009, Bale menjalani operasi untuk cedera lutut, ia diharuskan keluar selama lebih dari dua bulan. Bale merindukan pertandingan pra-musim dan itu diproyeksikan bahwa ia akan melewatkan beberapa minggu pertama musim 2009-2010. Bale membuat comeback sebagai pengganti di labrakan 5-0 Spurs ‘dari Burnley pada 26 September. Namun, Bale frustasi karena diletakan di bangku cadangan sebagai penonton Benoît Assou-Ekotto. Saat Assou-Ekotto absen dengan cedera, manajer Harry Redknapp memutuskan untuk memberikan kesempatan Bale dan ia terkesan Spurs menang di Piala FA pada putaran ketiga 4-0 atas Peterborough. Pada 26 Januari 2010, untuk pertama kalinya dia mencicipi kemenangan sebagai starter dalam pertandingan liga dalam kemenangan 2-0 atas rival London Fulham. Bale pun dijuluki Player of the Round setelah membantu Spurs untuk menang 3-1 di ulangan putaran keenam Piala FA melawan Fulham pada April 2010. Saat melawan Arsenal Bale mencetak gol lagi setelah lulus dari Defoe ia mengetuk bola melewati kiper Arsenal.

2010-2011

Saat melawan Stoke City pada 21 Agustus di musim, Bale mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1. Pada 25 Agustus, di Liga Champions play-off di White Hart Lane (agg 6-3), Bale mengatur semua empat gol untuk membantu Spurs mengatasi Young Boys 4-0. Meskipun Assou-Ekotto sudah kembali dari cedera, Bale melanjutkan bentuk yang baik dan terjaga tempatnya dalam starting eleven, bergerak maju untuk sayap kiri untuk mengakomodasi Assou-Ekotto di bek kiri. Saat melawan klub Belanda FC Twente, pada 29 September 2010, Bale mencetak gol pertama Liga Champions untuk Tottenham dalam kemenangan kandang 4-1. Dalam pengakuan, ia diangkat Pemain Welsh of the Year oleh FAW. Pada 20 Oktober, saat melawan juara Eropa Internazionale di San Siro dalam Liga Champions, Bale mencetak hat trick pertama seniornya. Tottenham kalah dalam pertandingan 4-3, 4-0 karena telah turun dalam 35 menit pertama dan bermain dengan sepuluh orang selama lebih dari 80 menit pertandingan setelah kiper Heurelho Gomes telah dikartu merah di menit kedelapan karena pelanggaran profesional pada Inter Jonathan Biabiany. Pada 2 November, dalam pertandingan kembali di White Hart Lane, Bale menjadi man of the match, memberikan assist untuk Peter Crouch dan Roman Pavlyuchenko untuk mendapatkan Spurs menang 3-1.

Pada 4 November, Bale dilaporkan banyak diminati klub lain, namun ia menyatakan untuk tetap di Tottenham untuk menandatangani kontrak baru empat tahun. Pada 19 Maret 2011, Bale diperpanjang klub hingga 2015.

Bale dihormati dengan pemain PFA of the Year pada 17 April 2011, sebagaimana dipilih oleh rekan-rekannya. Di tengah rumor yang mengaitkan Bale dengan sejumlah klub, Bale memutuskan untuk tinggal di White Hart Lane.

2011–2012

Pada 24 September 2011, saat melawan Wigan Athletic, Bale mencetak gol pertamanya musim ini, dalam sebuah pertandingan tandang, Tottenham menangan 2-1. Pada 30 Oktober, ia menambahkan kedua dan gol ketiga musim ini dengan dua gol melawan Queens Park Rangers F.C. dalam kemenangan kandang 3-1. Minggu berikutnya, saat melawan Fulham, ia mencetak gol pertama dalam kemenangan 3-1, sementara gol Aaron Lennon yang membuat kedudukan menjadi 2-0. Gol pertama melawan Fulham berasal dari blunder menjadi gol bunuh diri Chris Baird.

Saat melawan Bolton Wanderers, pada 3 Desember, Bale mencetak gol pertama dalam kemenangan 3-0 Tottenham. Pada 27 Desember, saat melawan Norwich City, Bale mencetak dua gol kemenangan untuk Tottenham 2-0. Pada 5 Januari 2012, Bale adalah salah satu pemain yang terpilih ke dalam Tim UEFA Tahun 2011. Pada tanggal 31 Januari, ia mencetak gol ketiganya musim ini saat ia mencetak dua gol melawan Wigan untuk mengambil golnya menjadi sepuluh gol untuk musim ini. Pada Januari 2012, dia adalah pemain Liga Premier untuk kedua kalinya dalam karirnya , setelah tiga gol dan dua assist di Liga Premier untuk bulan ini. Bale menandatangani kontrak baru empat tahun pada 27 Juni 2012, masa depannya ke klub sampai 2016.

2012-2013

Pada musim ini, Bale mengubah nomor skuadnya dari 3 ke nomor 11. Bale mencetak gol pertamanya musim ini melawan Reading dalam kemenangan tandang 3-1. Pada 29 September, saat melawan Manchester United, Bale mencetak kedua gol di Tottenham dalam kemenangan 3-2, kemenangan pertama di Old Trafford sejak 1989.

Saat melawan Aston Villa, ia mencetak hat-trick Liga Premier pertama dalam kemenangan tandang 4-0 pada Boxing Day. Kemudian, pada tanggal 30 Januari Bale mencetak gol di pertandingan Piala FA melawan Coventry City serta membantu Dempsey pada kedua gol dalam kemenangan 3-0. Ia mencetak usaha solo run yang luar biasa dalam bermain imbang 1-1 dengan Norwich City. Saat melawan West Bromwich Albion, ia mencetak gol dalam kemenangan tandang 1-0. Jumlah gol mBale pada musim ini menjadi 15 gol dengan dua gol melawan Newcastle United dalam pertandingan yang memenangkan Spurs 2-1.

Berikutnya,  di leg pertama Liga Europa, Bale mencetak langsung dari dua tendangan bebas, satu dari 35 meter keluar sesaat sebelum paruh waktu dan satu lagi dari 25 meter keluar di detik-detik berakhir injury time, untuk memberikan kemenangan Tottenham 2-1 atas Olympique Lyonnais. Pada 25 Februari, saat Tottenham melawan West Ham, Bale mencetak gol pertama dan ketiga dalam kemenangan 3-2 untuk Tottenham. Ini adalah gol kedelapan dalam enam pertandingan.

Real Madrid

Bale bergabung ke Real Madrid pada 1 September 2013, dengan menandatangani kontrak berdurasi enam tahun. Biaya transfernya dari Tottenham Hotspur diyakini sebesar £85,3 juta. Harga tersebut menjadi rekor biaya transfer termahal saat ini, melewati biaya transfer rekan satu timnya Cristiano Ronaldo sebesar £80 juta, saat didatangkan dari Manchester United pada 2009.

Gaya bermain Gareth Bale

Bale adalah salah satu sayap kiri yang paling berbahaya di dunia. Beberapa manajer yang kagum terhadap gaya permainannya seperti Luis Figo, José Mourinho, Igor Stimac, Daniel Alves dan Phil Neville. Bale dinilai sebagai pesepakbola dengan “kecepatan yang luar biasa, kemampuan crossing hebat, kaki kiri yang hebat dan kualitas fisik yang luar biasa“.

Mantan pemain Liverpool dan BBC cendekiawan sepak bola Mark Lawrenson mengatakan “Apa yang membuat Gareth Bale begitu istimewa? Simple. Ia adalah salah satu pemain tercepat yang pernah saya lihat, tapi dia telah menunjukkan teknik dan kemampuan lain untuk menemukan kombinasi kecepatan ekstra dan teknik dalam langkah selanjutnya. dia memiliki kemampuan untuk melakukan dan menggunakan teknik-nya dengan kecepatan yang besar “.

Setelah pertandingan Liga Champions babak penyisihan grup melawan Internazionale pada 2 November 2010, tim Rafael van der Vaart mengatakan, “Setiap orang takut padanya [Bale]. Maicon adalah salah satu bek terbaik di dunia, dan dia membunuhnya..”

Pada sebuah wawancara tahun 2012, Manchester City bek Micah Richards mengungkapkan bahwa Gareth Bale adalah salah satu dari lawan-lawannya yang paling sulit yang pernah dihadapi, mengatakan bahwa:

Dia membuat saya merasakan lebih tinggi, selalu mengambil bola dari saya dan memotong.. Dia tidak berhenti berjalan dan berlari. Ini konyol.”

Pada Oktober 2012, Redknapp membuat komentar lebih positif mengenai Bale, yang menyatakan bahwa dia di kelas yang sama baik sebagai Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Redknapp mengatakan:

Dia berbakat, menakjubkan menakjubkan dan dia pemain setelah Ronaldos dan Messis dari dunia ini dan dia semakin baik dan lebih baik. Dia hampir tidak dapat untuk tidak dimainkan.. Dia adalah pemain kelas dunia asli. Tidak ada orang yang bisa bermain seperti dia. meningkatkan tim mana pun.”

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR