Profil Pemain Bola: João Alves de Assis Silva ( Jô )

35

  Nama Lengkap : João Alves de Assis Silva Tanggal Lahir : 20 Maret 1987 Tempat Lahir : São Paulo, Brasil Tinggi : 1.89 m Posisi Bermain : Striker   João Alves de Assis Silva lebih akrab disapa Jô, adalah seorang pemain bola Brasil yang bermain untuk Atlético Mineiro sebagai striker. Ia lahir pada 20 Maret 1987 di São Paulo, Brasil. Ia pernah bermain untuk Corinthians, CSKA Moskwa, Manchester City, Everton, Galatasaray dan Internacional. Karier Klub Jô Corinthians […]

 

Nama Lengkap : João Alves de Assis Silva
Tanggal Lahir : 20 Maret 1987
Tempat Lahir : São Paulo, Brasil
Tinggi : 1.89 m
Posisi Bermain : Striker

 

Xtra Time  - Profil Pemain Bola: João Alves de Assis Silva ( Jô )João Alves de Assis Silva lebih akrab disapa , adalah seorang pemain bola Brasil yang bermain untuk Atlético Mineiro sebagai striker. Ia lahir pada 20 Maret 1987 di São Paulo, Brasil. Ia pernah bermain untuk Corinthians, CSKA Moskwa, Manchester City, Everton, Galatasaray dan Internacional.

Karier Klub Jô

Corinthians

Jô bermain untuk klub Brasil Corinthians sejak 2003-2005. Ia mencetak 23 gol dalam 54 penampilan. Jô pindah ke klub Rusia CSKA Moskwa pada 2005.

CSKA Moskow

Dalam permainan pertamanya untuk CSKA Moskwa, Jô mencetak 14 gol dalam 18 penampilan. Di Liga Champions, dalam pertandingan melawan Inter Milan, Jô mencetak dua gol namun kalah 4–2 di San Siro. Ia mampu mencetak total 44 gol dalam 77 pertandingan untuk CSKA Moskwa.

Manchester City

Manchester City merekrut Jô pada 31 September 2008. Nilai transfer Jô diperkirakan bernilai sekitar £ 19 juta. Ia merupakan rekor transfer untuk klub klub pada saat itu. Dalam 9 pertandingan melawan Portsmouth mencetak satu gol, dan di Piala UEFA melawan Amonia Nicosia ia mencetak dua gol. Jô ditampilkan hanya dalam 6 pertandingan di awal musim 2008-2009.

Pada Februari 2009,  Jô bergabung dengan Everton dengan status pinjaman, hingga akhir musim 2008-2009. Saat melawan Bolton Wanderers di Goodison Park, ia melakukan debut dengan mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0. Jô mencetak lima gol dari dua belas penampilan liga dalam menyelesaikan musim. Ia pun ketinggalan di jalankan Everton ke final Piala FA 2009 saat ia cup-tied setelah bermain 20 menit terakhir dari kekalahan putaran ketiga Manchester City untuk Nottingham Forest.

Pada akhir musim  Jô kembali ke Manchester City. Kemudian ia pun bergabung lagi dengan Everton pada pinjaman musim panjang untuk 2009-2010, dengan pilihan untuk pindah permanen pada akhir periode tersebut. Dalam masa pinjaman itu ia mencetak gol pertamanya saat melawan AEK Athens dalam pertandingan Liga Europa grup. Saat itu Everton menang 4-0. Setelah kembali ke Brasil tanpa izin selama periode Natal, Jô mendapat skors dari Manajer Everton, David Moyes. Jo dianggap telah melakukan pelanggaran perilaku. 

Jô kembali ke Manchester City setelah melakukan pelanggaran tersebut. Ia pun kembali dipinjamkan, kali ini ke Galatasaray pada hari yang sama. Selama masa pinjamannya di Galatasaray, ia mencetak tiga gol.

Setelah masa pinjamannya di Galatasaray berakhir, Jô pun kembali ke Manchester City. Saat melawan Portland Timbers, ia mencetak gol di pertandingan pertama, dan juga sukses di laga persahabatan pra-musim melawan New York Red Bulls, Borussia Dortmund dan Valencia CF. Kemudian, di Liga Europa, ia mencetak gol dan menang melawan Salzburg.  Ia pun sempat mencetak gol keempat dan kelima bagi klub, dalam hilangnya Piala Liga ke West Bromwich Albion.

Sebelum Natal, Jô juga tampil saat melawan West Ham, dan menang 3-1 atas Manchester City. Pada Liga Europa, ia mencetak satu gol untuk City di laga imbang 1-1 dengan Juventus.

Sport Club Internacional

Setelah tampil mengecewakan di Manchester City, dengan hanya mencetak enam gol dalam 41 penampilan, pada 20 Juli 2011, Jô memutuskan untuk kembali ke Brasil. Jô bergabung dengan Internacional, untuk kembali memulai kariernya.

Atlético Mineiro

Jô menandatangani kontrak baru pada Mei 2012 dan bermain untuk Atlético Mineiro Brasil.